kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Telkom (TLKM) optimistis pendapatan IndiHome tumbuh double digit, begini strateginya


Selasa, 20 Agustus 2019 / 11:47 WIB

Telkom (TLKM) optimistis pendapatan IndiHome tumbuh double digit, begini strateginya
ILUSTRASI. Pelayanan IndiHome Fiber di Plasa Telkom Digital


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) optimistis, pendapatan perusahaan dari segmen fixed broadband IndiHome masih bisa tumbuh double digit. Sebagai informasi, per paruh pertama tahun ini, pendapatan IndiHome naik 61,5% secara year on year menjadi Rp 8,8 triliun. Jumlah ini berkontribusi 12,6% terhadap pendapatan total TLKM yang mencapai Rp 69,3 triliun.

Untuk mencapai target tersebut, Direktur Keuangan TLKM Harry Mozarta Zen mengatakan, pihaknya akan terus menambah pelanggan baru Indihome. Ia mengestimasi, dalam tiga tahun ke depan, dari 65 juta rumah yang ada di Indonesia, sebanyak 30% adalah pelanggan potensial fixed broadband.

Baca Juga: Telkom berencana beli 3.000 menara Indosat, ini pendapat analis

Per semester I-2019, TLKM yang menjadi pemimpin pasar fixed broadband mencatat, pelanggan IndiHome sudah mencapai 6 juta. "Ditambah pelanggan perusahaan lain jadi sekitar 7 juta. Masih ada sekitar 12 juta yang masih menjadi potensial pelanggan fixed broadband," ucap dia di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (19/8).

Harry yakin jumlah pelanggan TLKM bisa terus tumbuh di segmen rumah ini. Pasalnya, menurut dia, pelanggan baru Indihome bisa bertambah 1,5 juta-2 juta setiap tahunnya. Secara rinci, sepanjang per semester I-2019 ini, pelanggan Indihome naik 45,1% secara tahunan menjadi 6 juta. Sementara itu, sepanjang kuartal 2-2019, pelanggan IndiHome bertambah 479.000.

Baca Juga: Telkom (TLKM) masih tinjau kembali rencana akuisisi Bhinneka.com

Untuk menggenjot pendapatan segmen ini, TLKM tidak hanya akan mendorong jumlah pelanggan baru, tetapi juga mendorong pertumbuhan rerata pendapatan per pengguna atau average revenue per user (ARPU). "Setiap ada customer yang pakai layanan Dual Play akan kami dorong untuk upgrade ke Triple Play," ucap Harry.

Per semester 1-2019,  pelanggan Dual Play IndiHome berjumlah 52% dari total pelanggan, sedangkan Triple Play 48%. ARPU IndiHome sepanjang triwulan 2-2019 adalah Rp 260.000.


Reporter: Nur Qolbi
Editor: Wahyu Rahmawati

Video Pilihan


Close [X]
×