kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Suku bunga turun, kinerja rata-rata reksadana pendapatan tetap tumbuh positif


Senin, 02 September 2019 / 20:09 WIB

Suku bunga turun, kinerja rata-rata reksadana pendapatan tetap tumbuh positif


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemangkasan suku bunga acuan yang dilakukan Bank Indonesia terbukti manjur bagi reksadana pendapatan tetap. Ini terlihat dari Infovesta Fixed Income Fund Index 90 sebagai acuan kinerja rata-rata reksadana pendapatan tetap yang tumbuh 0,16% (mom) pada Agustus kemarin.

Performa reksadana pendapatan tetap memang mengagumkan. Bila dihitung dari awal tahun, kinerja rata-rata reksadana ini tumbuh hingga 7,43% (ytd).

Baca Juga: Kinerja rata-rata reksadana saham tergerus 2,81% di Agustus Lalu

Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana menyebut, kinerja ciamik dari reksadana pendapatan tetap sudah terlihat sejak semester pertama lalu. “Sejak suku bunga acuan baru diekspektasikan turun, kinerja reksadana pendapatan tetap sudah tumbuh positif,” ungkapnya, Senin (2/9).

Managing Director, Head Sales & Marketing Henan Putihrai Asset Management Markam Halim berpendapat, reksadana pendapatan tetap sebenarnya bisa mencetak kinerja yang lebih tinggi pada bulan lalu.

Namun, hal tersebut belum terjadi lantaran spread imbal hasil obligasi negara dengan US Treasury terlampau jauh. Ini membuat potensi kenaikan harga obligasi menjadi lebih berat.

Baca Juga: Generasi milenial pun sudah harus memikirkan investasi untuk pensiun

Ia pun memandang, masih dibutuhkan sentimen lain di luar pemangkasan suku bunga acuan agar kinerja reksadana tersebut tumbuh lebih signifikan. “Kinerja reksadana pendapatan tetap masih bisa naik walau tidak terlampau besar,” ujarnya, hari ini.

Sementara itu, Wawan meramal suku bunga acuan masih bisa turun satu kali lagi di sisa tahun ini. Dengan begitu, peluang reksadana pendapatan tetap untuk melanjutkan tren positifnya masih sangat terbuka.

Potensi ini didukung pula oleh rekam jejak reksadana pendapatan tetap yang relatif lebih tahan banting terhadap sentimen seperti perang dagang dan resesi ekonomi global. Tentu ini bukan tanpa alasan. “Sebagian dana yang keluar dari pasar saham justru masuk ke pasar obligasi,” imbuh dia.

Baca Juga: Dirut Ayers Asia Dastin Mirjana Memulai Investasi dengan Modal Kecil

Maka dari itu, Wawan memproyeksikan, kinerja rata-rata reksadana pendapatan tetap di akhir tahun nanti bisa mencapai 10%.


Reporter: Dimas Andi
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0005 || diagnostic_api_kanan = 0.0005 || diagnostic_web = 0.2840

Close [X]
×