kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Suku Bunga BI Tetap, Begini Prediksi IHSG dan Rekomendasi Saham Untuk Jumat (25/8)


Jumat, 25 Agustus 2023 / 05:25 WIB
Suku Bunga BI Tetap, Begini Prediksi IHSG dan Rekomendasi Saham Untuk Jumat (25/8)


Reporter: Recha Dermawan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 0,32% atau 22,01 poin ke 6.899,39 hingga akhir perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (24/8).

Research Analyst Reliance Sekuritas Lukman Hakim memperkirakan IHSG masih akan diperdagangkan cenderung terbatas namun cenderung menguat di Jumat dengan kisaran 6.860-6.945

“Para pelaku pasar masih akan menunggu isyarat selanjutnya untuk menentukan arah IHSG yang masih terdorong sentimen negatif dari eksternal di mana IHSG secara tren juga sedang konsolidasi,” kata Lukman. 

Equity Research Analyst Phintraco Sekuritas Alrich Paskalis Tambolang mengatakan, sentimen negatif eksternal diimbangi oleh keputusan BI untuk kembali mempertahankan suku bunga acuan di 5,75%.

Baca Juga: IHSG Turun 0,32% ke 6.899 Hari Ini (24/8), BRPT, TPIA, SMGR Top Gainers LQ45

Keputusan BI ini menunjukkan optimisme BI terhadap stabilitas keuangan Indonesia meski dibayangi kecenderungan kenaikan yield obligasi dalam beberapa pekan terakhir. Nilai tukar Rupiah juga cenderung menemukan ekuilibrium baru untuk saat ini di kisaran Rp 15.300 per dolar AS.

“Kondisi di atas menahan laju penguatan harga saham bank, terutama bank-bank berkapitalisasi besar, sehingga IHSG cenderung bergerak sideways seperti di Kamis (24/8),” kata Alrich.

Dari luar negeri, pelaku pasar sedang menanti pidato Kepala Federal Reserve (The Fed), Jerome Powell, dalam Simposium Jackson Hole pada tanggal 25 Agustus 2023 waktu setempat. Para pelaku pasar mengharapkan petunjuk mengenai kebijakan yang akan diambil oleh The Fed dalam pertemuan FOMC bulan September 2023, serta tanggapan bank sentral terhadap penurunan peringkat utang oleh lembaga pemeringkat.

Alrich merekomendasikan saham-saham yang dapat diperhatikan di akhir pekan ini (25/8) meliputi ANTM, SMGR, INTP, TPIA, dan speculative buy pada KLBF dan WIRG

Baca Juga: Wall Street Turun, Pelaku Pasar Menunggu Sinyal The Fed Jelang Akhir Pekan

Investment Analyst Infovesta Kapital Advisori Fajar Dwi Alfian mengatakan untuk perdagangan besok, IHSG diproyeksi masih akan melanjutkan tren pelemahan di kisaran 6.896-6.946

Menurutnya, sentimen masih seputar ketidakpastian pidato dari ketua The Fed di Jackson Hole yang diperkirakan pasar masih akan hawkish. Fajar merekomendasikan saham yang bisa jadi pertimbangan adalah sektor konsumer primer. Dia menyebut, saham MYOR menarik untuk dikoleksi dengan target harga terdekat di Rp 2.740 per saham.

Head Of Research Mega Capital Sekuritas Cheril Tanuwijaya juga mengatakan IHSG besok berpotensi melanjutkan pelemahan dengan kisaran 6.840-6.930. 

Pelaku pasar masih mencari petunjuk lebih lanjut atas kebijakan moneter The Fed berikutnya pada acara tahunan Jackson Hole di hari Jumat. Investor juga menunggu komentar dan proyeksi ekonomi dari Gubernur The Fed di tengah inflasi yang masih tinggi dan pasar tenaga kerja yang kuat.

Cheril menyebut, komoditas energi berpotensi berbalik arah baik untuk batubara maupun minyak sehingga investor bisa mencermati saham yang sesuai sentimen tersebut seperti TPIA, BRPT, dan SMGR

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×