kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45865,60   3,93   0.46%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

S&P 500 dan Nasdaq Berbalik Arah, Mempertimbangkan Arah The Fed Setelah Data Inflasi


Jumat, 31 Mei 2024 / 23:21 WIB
S&P 500 dan Nasdaq Berbalik Arah, Mempertimbangkan Arah The Fed Setelah Data Inflasi
ILUSTRASI. A trader works on the floor at the New York Stock Exchange (NYSE) in New York City, U.S., May 17, 2024. REUTERS/Brendan McDermid


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - S&P 500 dan Nasdaq berbalik arah turun dan bersiap untuk menghentikan kenaikan beruntun lima minggu pada hari Jumat (31/5).

Investor mengevaluasi waktu penurunan suku bunga The Fed, menyusul laporan inflasi yang sebagian besar sejalan dengan perkiraan.

Melansir Reuters, pukul 11:29 waktu setempat, Dow Jones Industrial Average naik 57,67 poin atau 0,15% pada 38.169,15, S&P 500 turun 26,62 poin atau 0,51% pada 5.208,86, dan Nasdaq Composite turun 206,02 poin atau 1,23 % pada 16.531,06

Baca Juga: Dow, S&P 500 Naik Tipis Setelah Inflasi AS Naik Seperti yang Diperkirakan

Setelah dibuka sedikit lebih tinggi, indeks turun ke level terendah dalam dua minggu, terbebani oleh saham-saham raksasa yang mengalami pertumbuhan besar seperti Alphabet, Amazon.com dan Nvidia, yang kehilangan antara 1,1% dan 2,6%.

Teknologi memimpin penurunan di antara sektor-sektor S&P 500, turun 1,5% dan berada di jalur minggu terburuk dalam lebih dari sebulan. Sementara Indeks Semikonduktor Philadelphia SE kehilangan 2,6%.

Inflasi AS bergerak sideways pada bulan April, sebuah tanda yang mengkhawatirkan bagi bank sentral yang menunjukkan peningkatan laju kenaikan harga bisa bertahan lebih lama dari yang diharapkan, menurut laporan Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) yang disukai oleh The Fed.

“Kemajuan dalam disinflasi jelas terhenti tahun ini,” kata Cameron Dawson, kepala investasi di Newedge Wealth.

Baca Juga: Wall St Dibuka Sedikit Lebih Tinggi Jumat (31/5), Setelah Inflasi AS Sesuai Perkiraan

“Data inflasi tidak cukup bagus untuk menunjukkan bahwa (The Fed) perlu menaikkan suku bunga lagi, namun tidak cukup keren untuk menunjukkan bahwa mereka dapat segera menurunkan suku bunga.”

Namun, ekspektasi penurunan suku bunga di bulan September naik menjadi lebih dari 55%, dibandingkan dengan 48,7% yang terlihat sebelum data tersebut dirilis, menurut CME FedWatch Tool.

Saham-saham teknologi dan chip, yang memimpin reli Wall Street baru-baru ini, melemah minggu ini karena lonjakan imbal hasil US Treasury menekan aset-aset berisiko.

Blue-chip Dow bernasib lebih baik dibandingkan rekan-rekannya, dibantu oleh saham-saham layanan kesehatan. Sektor kesehatan S&P 500 termasuk di antara yang mengalami kenaikan, naik 0,7%, bersamaan dengan kenaikan real estat sebesar 1,2%.

“Investor mulai mencari bagian pasar yang memiliki nilai lebih baik dan mereka beralih ke pasar yang lamban,” kata Garrett Melson, ahli strategi portofolio di Natixis Investment Managers.

Baca Juga: Saham-Saham Bergerak Lebih Tinggi Setelah Data Inflasi AS Dirilis

Yang semakin membebani sentimen, Indeks Manajer Pembelian Chicago turun menjadi 35,4, jauh di bawah perkiraan angka 41.

Komentar dari Presiden Atlanta Raphael Bostic, anggota pemungutan suara Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), diharapkan akan dirilis hari ini.

Di antara perusahaan-perusahaan besar, saham Dell anjlok 22% setelah memperkirakan laba kuartal saat ini di bawah perkiraan pasar dan mengisyaratkan bahwa biaya yang lebih tinggi untuk membangun server akan mengurangi margin tahunannya.

Saham Zscaler melonjak 6,5%, setelah penyedia solusi keamanan memperkirakan hasil kuartal keempat di atas perkiraan.

Baca Juga: Inflasi AS di Bulan April Meningkat, Penurunan Suku Bunga The Fed Kian Tak Pasti

Saham Gap melonjak 24,2%, setelah pembuat pakaian tersebut menaikkan perkiraan penjualan tahunannya dan hasil kuartal pertama mengalahkan ekspektasi pasar, sebagai tanda baru bahwa strategi perubahan haluan mulai berhasil.

Saham Trump Media & Technology Group turun 5,4%, setelah juri di New York memvonis mantan Presiden Donald Trump karena memalsukan dokumen untuk menutupi pembayaran uang tutup mulut kepada bintang porno menjelang pemilu 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×