kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak Rekomendasi Saham untuk Pekan Depan, IHSG Diproyeksi Rebound


Minggu, 07 Mei 2023 / 06:26 WIB
Simak Rekomendasi Saham untuk Pekan Depan, IHSG Diproyeksi Rebound
ILUSTRASI. Rekomendasi saham untuk pekan depan


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rebound pada perdagangan pekan depan. Mengingat, IHSG sempat terpuruk setelah ditutup anjlok 0,82% ke posisi 6.787,63 pada Jumat (5/5).

Certified Elliott Wave Analyst Master Kanaka Hita Solvera, Daniel Agustinus mengatakan, pelemahan IHSG pada perdagangan hari Jumat turut dipicu oleh sentimen negatif dari ranah global. Terutama datang dari Amerika Serikat (AS).

Pelaku pasar masih mencerna kenaikan suku bunga The Fed dari hasil rapat FOMC kemarin. Bank Sentral AS tersebut kembali menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 basis points ke level 5% - 5,25%.

Selain itu, pasar juga masih mencermati krisis perbankan AS seperti First Republic Bank dan PacWest Bank. "Ini mengakibatkan investor lebih cenderung melakukan aksi jual untuk mengamankan posisi," kata Daniel kepada Kontan.co.id, Jum'at (5/5).

Baca Juga: Selisih Suku Bunga Menipis, Investasi Aset Dollar AS Dinilai Kurang Menggiurkan

Dari faktor domestik, IHSG juga terseret amblesnya sejumlah saham hingga menyentuh level auto rejection bawah (ARB). Terutama pada saham big caps, yakni PT Astra International Tbk (ASII).

Asal tahu saja, ASII ambles 6,82% ke harga Rp 6.150 di akhir pekan. Hal ini sejalan dengan masa ex dividen final ASII di pasar reguler dan negosiasi yang berlaku pada tanggal ini 5 Meil 2023.

"Dari sisi domestik juga saham ASII menjadi pemberat di IHSG hari ini, karena hari ini merupakan exdate dari deviden jumbonya. (Koreksi) wajar, karena dividennya juga lumayan besar," kata Daniel.

Selain ASII, saham PT Indika Energy Tbk (INDY) juga menyentuh level ARB, anjlok 6,93% ke harga Rp 2.150 per saham. Secara mingguan, IHSG pun memang sedang bergerak di zona merah, melemah sekitar 2,8%.

 

Daniel melihat IHSG menguji level 6.650 - 6.720. Meksi begitu, harapan untuk kembali menguat masih terbuka. "Melihat fundamental Indonesia yang masih solid, IHSG kemungkinan besar masih dapat melanjutkan penguatan," ungkapnya.

Prediksi Daniel, IHSG bisa rebound pada pekan depan. Dia memperkirakan IHSG akan kembali menguat menuju resistance  di 6.850 - 6.880. 

Daniel melihat saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL) menarik dicermati untuk pekan depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×