kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak Rekomendasi Saham Unilever Indonesia (UNVR) dari Sejumlah Analis


Selasa, 31 Oktober 2023 / 05:05 WIB
Simak Rekomendasi Saham Unilever Indonesia (UNVR) dari Sejumlah Analis
ILUSTRASI. Produk Unilever Indonesia (UNVR). Simak Rekomendasi Saham Unilever Indonesia (UNVR) dari Sejumlah Analis.


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) perlahan terus memoles kinerja. Emiten produsen barang rumah tangga beragam merek seperti Lifebouy dan Sunlight ini sukses mencatat pertumbuhan kinerja secara kuartalan.

Analis Ciptadana Sekuritas Asia Putu Chantika Putri melihat, UNVR secara bertahap mulai berada di jalur perbaikan. Hal itu dibuktikan dengan pertumbuhan pendapatan karena dibantu oleh basis yang rendah (low base).

Pendapatan bersih UNVR di kuartal ketiga mencapai Rp10,2 triliun yang bertumbuh 5,4% secara kuartalan (QoQ), dan 1,4% secara tahunan (YoY). Ini menjadikan pendapatan bersih UNVR dari periode Januari – September mencapai Rp 30,5 triliun atau masih lebih rendah 3,3% yoy.

Baca Juga: Kinerja Unilever Indonesia (UNVR) Berpotensi Membaik, Simak Rekomendasi Analis

Putu mencermati, naiknya penjualan UNVR di kuartal ketiga berkat penjualan domestik yang berkontribusi sebesar 97% dari total penjualan bertumbuh sebesar 3,3% yoy. Capaian tersebut sebagai hasil dari transformasi saluran, dan juga diimbangi penyesuaian harga jual yang lebih rendah.

Namun, margin EBITDA menyempit menjadi 17,9% pada triwulan ketiga karena rasio biaya belanja dan promosi (A&P) terhadap penjualan meningkat menjadi 8,7% pada kuartal ketiga dari 7,1% pada kuartal kedua dan 7,3% pada kuartal ketiga tahun lalu, sejalan dengan prioritas manajemen untuk meningkatkan investasi merek.

Alhasil, UNVR melaporkan laba bersih kuartal ketiga 2023 sebesar Rp1,4 triliun yang bertumbuh 5,6% QoQ, dan naik 21,0% YoY. Secara kumulatif dari periode Januari – September, UNVR meraih laba bersih sebesar Rp 4,2 triliun atau masih lebih rendah 9,2% YoY.

“Pertumbuhan laba tahunan UNVR terutama didorong oleh peningkatan penjualan domestik, serta ekspansi margin yang solid,” ujar Putu kepada Kontan.co.id, Senin (30/10).

Putu mencermati, upaya intervensi harga yang dilakukan UNVR telah mendorong peningkatan volume penjualan. Semua kategori melaporkan pertumbuhan pendapatan positif di kuartal ketiga, mulai dari kategori kecantikan dan perawatan pribadi, segmen perawatan rumah, segmen makanan dan minuman dan Unilever Food Solution.

Baca Juga: Laba Unilever Indonesia (UNVR) Menyusut 9,1%, Simak Rekomendasi Sahamnya

Analis Bahana Sekuritas Christine Natasya menilai, kinerja UNVR pada kuartal ketiga masih agak lemah. Pertumbuhan kinerja sebagian besar didorong oleh margin yang lebih kuat, sejalan dengan harga komoditas yang lebih rendah.

“Kami yakin hasil UNVR secara keseluruhan tidak terlalu menggembirakan,” ucap Christine kepada Kontan.co.id, Senin (30/10).

 

Kendati adanya penurunan harga jual, Christine mengatakan, UNVR tetap membukukan ekspansi margin karena Gross Profit Margin (GPM) alias margin kotor meningkat menjadi 50,5% pada kuartal ketiga 2023 dibandingkan 45,7% di kuartal ketiga 2022. Solidnya margin berkat penurunan harga komoditas, serta adanya optimalisasi biaya.

Menurut Christine, UNVR akan terus menggulirkan inovasi produk baru pada kuartal IV dan manajemen Unilever tetap yakin bahwa perusahaan akan terus tumbuh ke depannya. Selama masa pemilhan umum, potensi pendapatan bagi UNVR akan lebih tinggi dari segmen makanan di antaranya es krim, teh dan segmen nutrisi.

Baca Juga: Strategi Unilever Indonesia (UNVR) Tingkatkan Pertumbuhan Penjualan

Analis Mirae Asset Sekuritas Rut Yesika Simak turut melihat adanya peningkatan laba bersih UNVR disebabkan oleh penurunan Harga Pokok Penjualan (COGS) karena harga komoditas telah melandai. Oleh karena itu, bottom line UNVR tetap solid meskipun biaya promosi dan iklan (A&P) lebih tinggi seiring peluncuran beberapa produk.




TERBARU

[X]
×