kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak rekomendasi saham blue chips yang jadi pilihan analis pada bulan ini


Rabu, 02 Juni 2021 / 08:30 WIB
Simak rekomendasi saham blue chips yang jadi pilihan analis pada bulan ini


Reporter: Kenia Intan | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menurun tipis 0,80% ke level  5.947,46 sepanjang bulan Mei 2021. Asal tahu saja, pada penutupan di bulan April 2021, IHSG berada di level 5.995,616. 

Penurunan itu tidak terlepas dari saham-saham blue chips yang menjadi pemberat atau laggard di bulan Mei 2021. "Saya rasa hal itu disebabkan sentimen eksternal yang membebani pergerakan IHSG secara keseluruhan dan meningkatkan risk pasar equity kita," ujar  Analis Phillip Sekuritas Indonesia Dustin Dana Pramitha kepada Kontan.co.id, Senin (31/5). 

Hal tersebut, lanjutnya, mengurangi minat investasi investor asing  ke emerging market. Sehingga, investor akhirnya melepas saham yang dimiliki, terutama saham-saham blue chips. 

Baca Juga: Menjadi pemberat IHSG di bulan Mei 2021, saham-saham ini masih menarik dicermati

Selain itu, saham blue chips cenderung menjadi saham laggard karena rebalancing indeks MSCI Indonesia yang baru-baru ini mulai aktif dengan komposisi baru. Perubahan tersebut mendorong fund manager besar merubah bobot dan komposisi. 

Sekadar informasi, mengutip catatan Bursa Efek Indonesia (BEI), beberapa saham yang tercatat sebagai saham laggard sepanjang bulai Mei 2021 adalah TPIA, BRIS, ASII, BRPT, BMRI, POLL, SMMA, ICBP, dan HMSP. 

Kendati menjadi pemberat IHSG, Dustin mengungkapkan saham-saham tersebut sebenarnya masih menarik. Ia mencermati, saham-saham perbankan memiliki potensi rebound yang baik ke depan. 

"Kalau kita lihat data M2 money supply di minggu kemarin, terdapat data perkembangan kredit yang masih menunjukkan tanda-tanda perbaikan terutama dari sektor kredit konsumsi dan di dalamnya terdapat KPR yang tumbuh positif sebesar 5.5% year on year," jelasnya. 

Capaian tersebut lebih memuaskan dibandingkan bulan lalu, baik secara tahunan (year on year) maupun bulanan (month on month). 

Baca Juga: Ada rilis data tingkat inflasi, IHSG diperkirakan melanjutkan penguatan Rabu (2/6)

Selain sektor perbankan, Dustin menilai sektor infrastruktur terutama subsektor menara telekomunikasi juga atarktif. Apalagi melihat rencana pemerintah untuk mengembangkan jaringan 5G di Indonesia. 

Secara teknikal, Dustin memang melihat banyak saham masih bergerak dalam fase bearish saat ini. Akan tetapi, pelaku pasar dapat manfaatkan technical rebound pada sektor-sektor yang menarik tadi dengan strategi trading jangka pendek. 

Dustin pun menyarankan pelaku pasar untuk memperhatikan perkembangan indikator ekonomi global, terutama Amerika Serikat (AS). Data terakhir menunjukkan, tekanan inflasi yang terjadi dapat bersifat sementara. 

Ia pun masih merekomendasikan beberapa saham laggard di bulan Mei 2021 seperti ASII. Secara teknikal ASII menarik untuk diperhatikan karena level support di 5.025 belum tertembus dan cenderung membentuk pola double bottom. Ini dapat diartikan sebagai pola pembalikan arah ditambah lagi dengan proyeksi penjualan mobil yang akan terdongkrak oleh adanya relaksasi PPnBM di tahun ini. 

 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×