kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.013,51   -2,48   -0.24%
  • EMAS932.000 0,22%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Simak Rekomendasi Analis untuk Saham-Saham Bank Kecil Berikut Ini


Senin, 27 Desember 2021 / 06:10 WIB
Simak Rekomendasi Analis untuk Saham-Saham Bank Kecil Berikut Ini


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten perbankan gencar mencari pendanaan baru guna memperkuat permodalan pada tahun depan. Sejumlah emiten bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tercatat menggelar penawaran umum terbatas dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue.

Salah satunya ada PT Bank Ina Perdana Tbk (BINA) yang berencana menggelar rights issue tahun depan untuk memenuhi ketentuan modal minimum dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pasalnya, OJK mewajibkan bank harus penuhi ketentuan modal minimum Rp 3 triliun di 2022.

Untuk penambahan modal menjadi Rp 3 triliun, BINA kembali menggelar rights issue dengan target dana Rp 1 triliun. Sehingga modal BINA sampai akhir tahun 2022 akan menjadi Rp 3,3 triliun. Sebelumnya, bank milik Salim Group ini berhasil menggelar rights issue dengan target dana Rp 1,18 triliun.

Baca Juga: Menanti Rights Issue dan Digitalisasi BSI

PT Bank of India Indonesia Tbk (BSWD) juga akan menggelar rights issue tahun depan dan menargetkan tambahan modal Rp 2 triliun dari pemegang saham pengendali yakni Bank of India. Hingga September 2021, modal inti bank ini baru mencapai Rp 1,04 triliun.

Untuk memenuhi modal inti, bank milik India terbantu dengan adanya relaksasi dari OJK. Dengan begitu, pemenuhan modal inti bisa dilakukan secara dua tahap yakni Rp 1 triliun di akhir 2021 dan Rp 1 triliun di 2022.

Selain itu, PT Bank Ganesha Tbk (BGTG) juga berencana menerbitkan saham baru untuk memenuhi ketentuan modal inti Rp 2 triliun. Jumlah saham yang akan diterbitkan maksimal sebanyak 5,58 miliar saham atau setara sebesar 50% dari modal yang disetor setelah rights issue ini dengan nominal saham yang akan diterbitkan Rp 100 per saham.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×