kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham Jelang Rilis Hasil FOMC, Rabu (22/2)


Rabu, 22 Februari 2023 / 08:24 WIB
Simak Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham Jelang Rilis Hasil FOMC, Rabu (22/2)
ILUSTRASI. Karyawan melintas di depan layar monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia,


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah sentimen, baik dari dalam maupun luar negeri masih membayangi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Rabu (22/2).

Analis Panin Sekuritas Christian Anderson Yuwono menilai, salah satu sentimen ekstenal yakni investor masih menunggu hasil rilis risalah Federal Open Market Committee (FOMC)  The Fed pekan ini.

“Dari dalam negeri, investor mencermati laporan inflasi yang berpotensi mengalami kenaikan musiman menjelang bulan puasa,” kata Christian, Selasa (21/2). Proyeksi dia, IHSG akan bergerak di rentang support 6.807 dan resistance 6.924.

Investor bisa mencermati saham PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP), PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Bank BTPN Syariah Tbk (BTPS), dan PT Jasa Marga Tbk (JSMR).

Baca Juga: Cek Rekomendasi Saham SMGR, BRPT, ADMR, INCO, dan INKP untuk Rabu (22/2)

Sementara itu, analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova memprediksi IHSG akan bergerak di rentang support 6.825 dan resistace 6.895. Senada, diperkirakan sentimen terkait kebijakan suku bunga The Fed ke depan masih membayangi bursa saham.

Secara teknikal, ditutupnya IHSG di bawah MA20 untuk kali pertama setelah puncaknya pada 8 Februari dapat memicu tekanan jual lanjutan, setidaknya menguji lagi level support 6.807.

Saham yang bisa dicermati menurut Ivan di antaranya PT Astra International Tbk (ASII),  PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), dan PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA).

Analis Reliance Sekuritas Lukman Hakim memperkirakan, IHSG masih akan bergerak terbatas pada Rabu (22/02) dengan rentang support 6.850 dan resistance 6.905.

Investor masih akan meperhatikan FOMC dari The Fed, untuk melihat isyarat dari bank sentral Amerika Serikat (AS) tersebut terkait kebijakan bank central ditengah inflasi yang mulai mengalami perbaikan.

Baca Juga: Prediksi IHSG Hari Ini (22/2) Rawan Terkoreksi, 5 Saham Pilihan Ini Perlu Dipanta

Menurut Lukman, Investor bisa mencermati saham PT Petrosea Tbk (PTRO), PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA), PT Astra Otoparts Tbk (AUTO), PT Vale Indonesia Tbk (INCO), dan PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM).

Sebagai gambaran, IHSG ditutup melemah 0,31% ke level 6.873,405 pada perdagangan Selasa (21/2). Bersamaan, investor asing mencatatkan aksi jual bersih alias net sell sebanyak Rp 73,42 miliar di pasar reguler.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×