Reporter: Hasyim Ashari | Editor: Yudho Winarto
JAKARTA. PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk bakal menggenjot penjualan ekapornya. Untuk itu emiten dengan kode SIDO ini berencana untuk ekspansi ke pasar Filipina tahun ini.
Direktur Keuangan SIDO Venancia Sri Indrijati bilang saat ini pihaknya sedang melakukan proses perizinan, salah satunya yaitu registrasi produk. Dia menargetkan proses ini bakal selesai pada kuartal IV-2017 mendatang. "Mudah-mudahan kuartal IV bisa bisa langsung realisasi," ujarnya kepada KONTAN akhir pekan lalu.
Dengan penetrasi ke pasar Filipina tentunya akan meningkatkan volume penjualan ekspor SIDO. Saat ini ekspor SIDO hanya berkontribusi 2% dari seluruh penjualan, dengan ekspansi ke Filipina tentunya akan meningkatkan persentasi ekspor perseroan.
Sebelumnya SIDO sudah melakukan ekspor ke Filipina, namun ekspor ini tidak dikelola sendiri melaikan penjualan langsung kepada distributor lokal. Kali ini SIDO memutuskan untuk menggunakan full marketing. "Dulu ekspornya pasif, sekarang akan support marketingnya," katanya.
SIDO memiliki sejumlah alasan memilih Filipina sebagai tujuan pemasaran penuh diantaranya yaitu populasi besar yang mencapai setengah dari penduduk Indonesia, dan jenis konsumen di Filipina hampir sama dengan Indonesia yang mana mereka familiar dengan obat herbal.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News