kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sentimen negatif masih memayungi harga batubara


Senin, 02 Februari 2015 / 16:54 WIB
Sentimen negatif masih memayungi harga batubara
ILUSTRASI. Simak Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Windows, Unisntall Tanpa Ribet


Reporter: Dina Farisah, Namira Daufina | Editor: Uji Agung Santosa

JAKARTA. Tekanan terhadap batubara belum sirna. Serangkaian sentimen negatif masih memayungi harga batubara seiring dengan kondisi ekonomi global yang tidak menentu.

Analis dan Direktur PT Equilibrium Komoditi Berjangka, Ibrahim mengatakan, setelah IMF merevisi pertumbuhan ekonomi global tahun ini dari 3,8% menjadi 3,5%. Dan proyeksi ekonomi global tahun depan diperkirakan sebesar 3,7%, berdampak pada lesunya permintaan batubara, terutama dari China dan Eropa.

“Permintaan terhadap komoditas juga meredup seiring proyeksi World Bank yang memperkirakan harga komoditas tahun ini akan melambat,” ujar Ibrahim.

Ekonomi China dan Eropa cukup memiliki andil besar terhadap kemerosotan permintaan. Seperti diketahui, data manufaktur PMI China bulan Januari hanya mencatatkan angka 49,8. Angka ini lebih rendah dari ekspektasi sebesar 50,3. Rapuhnya data China juga ditunjukkan oleh data final manufaktur China bulan Januari yang di rilis HSBC sebesar 49,7. Ini lebih rendah dari prediksi sebesar 49,8. Angka di bawah level 50 menunjukkan ekonomi China yang masih rawan kontraksi.

Di sisi lain, Bank Sentral Eropa (ECB) berencana akan menggelontorkan stimulus moneter atau quantitative easing (QE) sebesar 60 miliar euro mulai Maret 2015. Kondisi ini akan menggerus mata uang euro dan mendukung penguatan dollar AS. Akibatnya, komoditas kembali tertekan.

Sejauh ini, Ibrahim menilai belum ada faktor yang dapat mengangkat harga batubara. Fokus pelaku pasar masih soal rencana kenaikan suku bunga Bank Sentral Amerika Setikat (The Fed). Spekulasi ini menjaga kokohnya dollar AS. Indeks dollar yang kian melambung juga membatasi pergerakan naik komoditas.

“Harga batubara mungkin sedikit mengalami perbaikan setelah semester II-2015, dimana The Fed telah mengumumkan kenaikan suku bunga,” imbuh Ibrahim.

Secara teknikal, Ibrahim menuturkan harga batubara masih terjerembab. Bollinger band dan moving average berada 30% di atas bollinger bawah. Kondisi ini menandakan pergerakan batubara masih tertekan. Moving average convergence divergence (MACD) berada di level 60% dengan arah negatif. Stochastic berada di level 70% dengan arah negatif. Sementara relative strength index (RSI) masih wait and see. Dengan demikian, pergerakan turun mendominasi harga batubara.

Ibrahim menduga harga batubara sepekan mendatang terbentang di kisaran US$ 58,00-US$ 60 per metrik ton. Sedangkan menurut Guntur memprediksi harga batubara sepekan berada di level US$ 58 – US$ 61 per metrik ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×