kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selesaikan pembangunan gudang, Enseval Putera (EPMT) sudah serap capex Rp 150 miliar


Selasa, 22 September 2020 / 09:44 WIB
Selesaikan pembangunan gudang, Enseval Putera (EPMT) sudah serap capex Rp 150 miliar
ILUSTRASI. Gudang milik PT Enseval Putera Megatrading Tbk


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Agenda ekspansi PT Enseval Putera Megatrading Tbk (EPMT) masih terus berjalan meski ada pandemi virus corona. Buktinya, anak usaha PT Kalbe Farma Tbk tersebut telah merampungkan pembangunan fasilitas gudang anyar.

Untuk penyelesaian pembangunan fasilitas gudang yang terletak di Greenland International Industrial Complex (GIIC) Kota Deltamas, Jawa Barat ini, EPMT telah menggunakan dana belanja modal alias capital expenditure (capex) sebesar Rp 150 miliar hingga Juni 2020.

“Secara fisik pembangunan sudah selesai dan siap operasional saat ini,” kata Presiden Direktur Kalbe Farma Vidjongtius  kepada Kontan.co.id, Jumat (18/9).

Fasilitas gudang anyar di Deltamas ini berada di atas lahan seluas 5 hektar (ha). Fasilitas tersebut terdiri atas pusat distribusi perusahaan seluas 11.104 m2 dengan kapasitas 13.500 pallet, dan gudang bahan baku seluas 12.914 m2 yang memiliki kapasitas 17.800 pallet untuk entitas anak perusahaan, yakni Global Chemindo Megatrading.

Baca Juga: Kalbe Farma (KLBF) tambah modal ke anak usaha

Sebelumnya, EPMT telah memiliki 2 pusat distribusi berupa gudang besar yang berada di Jakarta dan Surabaya. Masing-masing cabang memiliki gudang dan armada pengiriman serta personil lengkap guna menunjang kegiatan operasional dan keperluan pihak prinsipal serta pelanggan. 

Berdasarkan laporan tahunan perusahaan di tahun 2019, total kapasitas pallet perusahaan di seluruh gudang, baik gudang di pusat distribusi maupun gudang cabang perusahaan sudah mencapai sekitar 130.000 pallet. Dus, dengan adanya fasilitas gudang anyar di Deltamas, maka total kapasitas pallet perusahaan mencapai 161.300 pallet.

Vidjongtius bilang, kehadiran fasilitas gudang anyar akan meningkatkan kecepatan distribusi produk ke rumah sakit maupun konsumen ritel lainnya. Hitungannya, dampak positif tersebut akan mulai terasa di kuartal keempat tahun ini.

Meski begitu, karena tidak beroperasi selama setahun penuh, Vidjongtius memperkirakan dampak operasionalisasi fasilitas gudang anyar di Deltamas terhadap kinerja belum akan terlalu signifikan pada tahun ini. 




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×