kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,03   -19,46   -2.11%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Seberapa menarik Bitcoin jadi alat pembayaran di El Salvador? Ini kata CEO Indodax


Jumat, 11 Juni 2021 / 14:32 WIB
Seberapa menarik Bitcoin jadi alat pembayaran di El Salvador? Ini kata CEO Indodax
ILUSTRASI. Bitcoin.


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. El Salvador telah resmi menjadikan Bitcoin sebagai mata uang negaranya. Presiden El Salvador Nayib Bukele telah mendapatkan persetujuan Parlemen dari negaranya dan akan mengesahkan Undang-Undang mengenai hal itu. Langkah itu dinilai bisa meningkatkan perekonomian negara di Amerika Tengah tersebut.

CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan, El Salvador secara resmi membuat sejarah menjadi negara pertama di dunia yang menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Ini patut disambut bahagia oleh para pecinta kripto di seluruh dunia.

“Ini adalah sejarah baru bagi dunia finansial, blockchain dan cryptocurreny sendiri. Inovasi ini lahir dari The Bitcoin Conference 2021 di Miami, pekan lalu. Nantinya, bisa jadi, banyak negara berkembang lainnya yang meniru langkah El Salvador ini,” katanya dalam keterangan yang diterima KONTAN, Jumat(11/6).

Oscar Darmawan mengungkapkan bahwa El Salvador akan menyimpan Bitcoin hingga $150.000.000 dalam konversi BTC/USD.

Baca Juga: Harga Bitcoin Menanjak Lagi, Prospek Masih Menarik

Menurutnya, mengadopsi kripto yang berbasis blockchain merupakan solusi bagi negara berkembang untuk mempermudah transaksi. Dengan digitalisasi semua akan lebih mudah. Apalagi dengan penggunaan aset kripto seperti Bitcoin yang mengadopsi teknologi blockchain

“Teknologi blockchain memang hadir untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Terutama mengenai masalah finansial. Dengan sifat blockchain yang efisien, transparan dan aman akan mempermudah langkah literasi keuangan tersebut,” lanjut Oscar Darmawan.

El Salvador juga meningkatkan hal tersebut untuk langkah efisiensi investasi luar negeri. Uniknya, selama ini, mata uang resmi El Salvador adalah US Dollar. "Transaksi antar negara akan dipermudah dengan Bitcoin dan altcoin. Ini sudah terbukti semenjak beberapa tahun yang lalu,” imbuhnya.

Pemberitaan mengenai El Salvador tersebut membuat harga Bitcoin bergerak pada posisi support. Dalam satu hari terakhir, Bitcoin meningkat 12% menjadi Rp 540 juta. Selain itu, beberapa hard fork atau turunan Bitcoin, seperti Bitcoin Diamond dan Bitcoin Gold juga bergerak naik. Bahkan lebih tinggi dari kenaikan Bitcoin (BTC) itu sendiri.

Selanjutnya: El Salvador jadikan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, ini kata IMF

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×