kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45961,84   -17,31   -1.77%
  • EMAS984.000 -1,50%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Saham XL Axiata (EXCL) Berpotensi Menguat, Ini Rekomendasi Para Analis


Minggu, 10 Juli 2022 / 05:25 WIB
Saham XL Axiata (EXCL) Berpotensi Menguat, Ini Rekomendasi Para Analis


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pergerakan saham PT XL Axiata Tbk (EXCL) masih dalam tekanan walau gemar menggelar aksi korporasi. Namun para analis memprediksi, EXCl bisa masuk fase bullish jika penguatan saham yang terjadi dalam dua sesi sebelumnya bisa terjaga.

Kemarin (8/7), EXCL ditutup naik 1,77% ke level Rp 2.300 per saham. Namun, harga saham EXCL masih ambles 27,44% secara year to date

Equity Analyst Kanaka Hita Solvera Raditya Pradana mengatakan, secara sektor, telekomunikasi ini memang masih minim sentimen sehingga belum ada pergerakan yang signifikan akhir-akhir ini pada saham-saham telekomunikasi, termasuk saham EXCL. 

Baca Juga: Gelar Rights Issue, Xl Axiata (EXCL) Akui Tak Patok Target Dana

"Dalam time frame daily, EXCL berpotensi create double bottom pattern. Apabila terkonfirmasi, maka akan ada perubahan tren dari bearish menjadi bullish," kata Raditya kepada Kontan, Jumat (8/7).

Hitungan Raditya saat ini EXCL masih undervalued dengan potensial upside sebesar 56,5%. Dia menyebut di tengah tekanan ini, pelaku pasar dan investor bisa memanfaatkan untuk entry dengan buy on weakness

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana memperkirakan selama EXCL tidak break di bawah level support, maka posisi EXCL diperkirakan masih berpeluang melanjutkan penguatannya. 

"Hal ini terlihat dari Stochastic yang sudah golden cross di area oversold, meskipun MACD masih berada di area negatif," kata Herditya. 

 

 

Lebih lanjut, Herditya memproyeksikan EXCL akan uji support di level Rp 2.210 dan resistance di Rp 2.420. Dia merekomendasikan speculative buy untuk saham telekomunikasi ini. 

Teranyar, EXCL mengumumkan akan melakukan penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) alias rights issue. XL Axiata ini bakal melepas sebanyak-banyaknya 2,75 miliar saham. 

Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih menegaskan seluruh hasil rights issue akan digunakan untuk membayar utang. EXCL sendiri tidak punya target dana yang akan dibidik dalam aksi korporasi ini. 

“Tidak ada target untuk jumlah dana yang bisa dihimpun dari aksi rights issue ini. Sesuai keterbukaan informasi 4 Juli 2022, perusahaan berencana untuk menerbitkan saham baru sebanyak 2,75 miliar saham," kata dia kepada Kontan, Rabu (6/7).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×