kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Saham Erajaya (ERAA) naik 8,48% dalam sepekan, begini rekomendasi analis


Senin, 21 Oktober 2019 / 17:53 WIB

Saham Erajaya (ERAA) naik 8,48% dalam sepekan, begini rekomendasi analis
ILUSTRASI. IPO Erajaya Swasembada (ERAA): Suasana hari pertama Initial Public Offering (IPO) saham PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) di Menara Cakrawala, Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (6/12). Saham ERAA ditawarkan ke public selama 4 hari hingga Jumat (9/9)


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Saham emiten distributor ponsel PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) terpantau melaju hingga 8,48% dalam sepekan. Sejumlah analis menilai ditekennya peraturan International Mobile Equipment Identity (IMEI) pada Jumat (18/10) memberi katalis positif bagi ERAA.

Kalau memantau pergerakan saham ERAA setelah naik signifikan di Jumat (18/10) pekan lalu, hari ini  saham ERAA terkoreksi 4,79% atau 90 poin ke level Rp 1.790 per saham. Adapun dalam sepekan valuasi sahamnya masih naik 8,48%.

Baca Juga: Aturan IMEI diberlakukan, saham ERAA langsung meroket di sesi I

Analis Oso Sekuritas Sukarno Alatas menjelaskan, saham ERRA yang melaju naik karena sentimen dari aturan IMEI yang sudah ditekan. Namun, dalam waktu dekat kemungkinan akan terkoreksi dulu untuk menutupi area gap.

“Secara fundamental ERAA untuk tahun ini sedikit menurun. Hal ini tercermin dari pendapatan yang mengalami penurunan di semester I 2019,” jelasnya kepada Kontan.co.id, Senin (21/10).

Menurut Sukarno begitu juga rasio profitabilitas dari NPM yang turun dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Namun, di tengah fundamentalnya yang kurang baik, ERAA melalui anak usahanya Erajaya Holdingn Pte Limited yang berkedudukan di Singapura membeli obligasi konversi (convertible bonds) senilai SGD 600 ribu yang dirilis oleh Datapro Technologies.

Aksi korporasinya ini dilakukan sebagai rencana ekspansinya memasuki industri start up.  Hal ini tentunya menjadi upaya ERAA dalam memperbaiki fundamental perusahaannya.

Baca Juga: Simak rekomendasi saham Profindo Sekuritas untuk perdagangan Jumat (18/10)

Kalau melihat valuasi sahamnya, Sukarno menjelaskan untuk valuasi ERAA sekarang masih tergolong murah. Hal ini terlihat dari rasio Price Earning (PER) yang masih di bawah rata-rata industri begitu juga rasio P/S masih rendah sekali di bawah industri. 


Reporter: Arfyana Citra Rahayu
Editor: Noverius Laoli
Video Pilihan


Close [X]
×