kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,63   -8,92   -0.98%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rupiah Diproyeksi Melemah Hari Ini (25/3), Simak Sentimen yang Menyeretnya


Senin, 25 Maret 2024 / 06:01 WIB
Rupiah Diproyeksi Melemah Hari Ini (25/3), Simak Sentimen yang Menyeretnya
ILUSTRASI. rupiah diproyeksi melemah pada perdagangan hari ini (25/3)


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rupiah diperkirakan melemah di perdagangan awal pekan ini. Nilai tukar rupiah masih diliputi sentimen risk-off dari faktor eksternal pada Senin (25/3).

Mengutip Bloomberg, Jumat (22/3), rupiah spot melemah sekitar 0,73% secara harian setelah ditutup pada level Rp15.783 per dolar Amerika Serikat  (AS). Senada, rupiah Jisdor melemah sekitar 0,71% ke level Rp 15.773 per dolar AS.

Pengamat Komoditas dan Mata Uang Lukman Leong mengatakan, pelemahan rupiah di akhir pekan berkaitan dengan dolar AS yang berbalik menguat (rebound) cukup tajam. Hal itu menyusul serangkaian data ekonomi Amerika yang lebih kuat dari perkiraan seperti klaim pengangguran, manufaktur dan penjualan rumah.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi menjelaskan, dolar AS menguat pada level tertingginya dalam 3 minggu karena penurunan suku bunga Swiss National Bank (SNB) membayangi prospek Fed. Bank sentral Swiss memangkas suku bunga utamanya sebesar 25 basis poin (bp) menjadi 1,50% pada hari Kamis (21/3).

Baca Juga: Rupiah Melemah 1,17% dalam Sepekan, Begini Proyeksi untuk Senin (25/3)

Akibatnya, dolar AS melonjak karena SNB secara tak terduga memangkas suku bunga, menjadi bank sentral besar pertama yang melakukan hal tersebut setelah siklus kenaikan suku bunga yang diperpanjang akibat COVID-19 pandemi. Di sisi lain, The Fed secara tajam meningkatkan prospek pertumbuhannya pada tahun 2024. 

"Meskipun bank sentral diperkirakan masih akan mulai menurunkan suku bunga pada bulan Juni, sikapnya yang relatif hawkish, dibandingkan dengan bank sentral lainnya, diperkirakan akan menguntungkan dolar," ungkap Ibrahim dalam risetnya, Jumat (22/3).

Dari internal, Ibrahim menambahkan, kegiatan investasi pasca Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah mulai meningkat dan investor sudah tak lagi wait and see. Pola kegiatan belanja modal juga sudah mulai meningkat secara signifikan, setelah sempat mengalami penurunan.

Walaupun demikian, Ibrahim memproyeksi rupiah kemungkinan fluktuatif kemudian ditutup melemah di rentang Rp 15.770 - Rp 15.880 per dolar AS pada perdagangan hari ini.

Lukman memperediksi, rupiah akan melemah terbatas dalam rentang Rp 15.700 - Rp15.850 per dolar AS.

Baca Juga: Simak Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham untuk Perdagangan Hari Ini (25/3)

Investor masih akan memantau perkembangan dari serangan teroris di Rusia yang berpotensi memicu sentimen risk off dan kembali menguatkan dolar AS pada perdagangan awal pekan.

Selain itu, pekan depan tidak banyak data ekonomi penting, baik dari internal maupun eksternal. Sehingga, investor akan terfokus pada data inflasi Price Consumption Expenditure (PCE) AS di Jumat (29/3) pekan depan.  

"Rupiah diperkirakan akan berkonsolidasi dengan potensi melemah terbatas," kata Lukman kepada Kontan.co.id, Minggu (24/3).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×