kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,47   -12,05   -1.29%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Resmi Melantai di BEI, Anugerah Spareparts (AEGS) Optimistis Laba Bersih Melesat 66%


Senin, 11 September 2023 / 12:38 WIB
Resmi Melantai di BEI, Anugerah Spareparts (AEGS) Optimistis Laba Bersih Melesat 66%
ILUSTRASI. Aneka filter kendaraan produksi PT Anugerah Spareparts Sejahtera Tbk (AEGS).


Reporter: Aulia Ivanka Rahmana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Anugerah Spareparts Sejahtera Tbk (AEGS) berharap penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) dapat mendukung penguatan kinerja operasional maupun kinerja keuangan di tahun-tahun mendatang.

Perusahaan yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Senin (11/9), optimistis dapat membukukan kenaikan laba bersih 66% menjadi Rp 1,37 miliar tahun ini. Pada tahun lalu, AEGS meraup laba sebesar Rp 825,88 juta.

Direktur Utama AEGS Oey Johan Sinatra Sumawi mengatakan, penawaran saham AEGS di pasar perdana mendapatkan respons positif dari masyarakat. Terbukti dengan penetapan harga penawaran umum (offering) di batas atas atau Rp 100 per saham.

Baca Juga: Resmi Melantai, Harga Saham Anugerah Spareparts Sejahtera (AEGS) Naik 5%

AEGS mampu mengantongi dana segar sebesar Rp 40 miliar yang merupakan target optimal dari aksi korporasi ini. Pada fase penawaran awal (book building) harga saham AEGS dibanderol sekitar Rp 90 per saham-Rp 100 per saham.

“Perubahan menjadi perusahaan go public ini merupakan pencapaian penting bagi kami untuk dapat terus bertumbuh, serta tidak terlepas dari upaya menciptakan good corporate governance,” kata Johan, Senin (11/9).

Johan menambahkan, perolehan pendanaan melalui mekanisme IPO diyakini akan mendukung penguatan kinerja operasional maupun kinerja keuangan AEGS pada tahun-tahun mendatang.

“Kami memproyeksikan kinerja keuangan pada tahun ini akan mengalami pertumbuhan secara signifikan dan berlanjut pada tahun-tahun berikutnya,” kata Johan.

Baca Juga: Tetapkan Harga IPO, Anugerah Spareparts Sejahtera (AEGS) Bakal Raup Rp 40 Miliar

Dalam penawaran umum saham perdana, AEGS mematok harga Rp 100 per saham. Adapun, AEGS melepas sebanyak 400 juta saham yang setara dengan 39,76% dari modal ditempatkan dan disetor penuh pasca-IPO. 

AEGS akan menggunakan Rp 10,31 miliar dana IPO untuk pembelian tanah beserta bangunan pabrik, kantor, dan gudang. Emiten baru ini akan menggunakan sebanyak Rp 1,26 miliar dana IPO untuk pembangunan gudang baru.

Anugerah Spareparts akan menggunakan Rp 3,66 miliar dana IPO untuk belanja modal pabrik penunjang operasional perusahaan. Sisa dana IPO akan digunakan untuk modal operasional atau digunakan untuk pembelian persediaan, antara lain tidak terbatas pada bahan baku, barang setengah jadi, dan barang jadi.

Baca Juga: Anugerah Spareparts (AEGS) Optimistis Kinerja Bisnis Tumbuh Berkelanjutan

Bersamaan dengan gelaran IPO ini, AEGS juga menerbitkan sebanyak 100 juta Waran Seri I atau sebanyak 16,50% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh. Waran Seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru dengan perbandingan setiap pemegang 4 baru berhak memperoleh 1 Waran Seri I.

Dana yang diperoleh dari pelaksanaan Waran Seri I akan digunakan untuk modal operasional, pembelian persediaan pada bahan baku, barang setengah jadi, dan barang jadi.

Di akhir sesi I perdagangan perdana, harga saham AEGS turun 6% menjadi Rp 94 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×