kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Reksadana Pasar Uang Kembali Diminati pada Bulan Agustus 2023


Minggu, 17 September 2023 / 19:10 WIB
Reksadana Pasar Uang Kembali Diminati pada Bulan Agustus 2023
ILUSTRASI. Reksadana.


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Reksadana pasar uang kembali diminati saat pasar bergerak volatil di bulan Agustus 2023. Investor mencari instrumen jangka pendek selama masa ketidakpastian.

Fund Manager STAR AM Clara Halim mencermati, beberapa sentimen global dan domestik telah mempengaruhi minat pasar pada instrumen reksadana di bulan Agustus 2023. Utamanya tekanan berasal dari ekspektasi suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan data Infovesta Kapital Advisori, performa rata-rata produk reksadana pasar uang yang tercermin dari Infovesta 90 Money Market Fund Index bertumbuh 0,30% MoM di bulan Agustus. Ini merupakan pertumbuhan paling tinggi di antara kelas aset reksadana lainnya.

Kinerja rata-rata produk reksadana pendapatan tetap hanya menghasilkan return 0,01% MoM di bulan Agustus. Sebaliknya, kinerja produk reksadana campuran dan reksadana saham justru terkoreksi masing-masing 0,41% MoM dan 0,77% MoM selama Agustus 2023.

Baca Juga: Beda Kinerja Produk Reksadana Offshore Negara Maju dan China Milik BNP Paribas

Clara menjelaskan, pergerakan reksadana dipengaruhi oleh kebijakan ketat bank sentral AS yang diperkirakan masih akan berlanjut. Hal itu sesuai dengan pernyataan Jerome Powell pada simposium Jackson Hole 25 Agustus 2023 lalu.

Alhasil, sikap hawkish ini mendorong pelaku pasar untuk lebih antisipatif terhadap potensi kenaikan suku bunga sebesar 25 bps pada FOMC mendatang.

Dari domestik, rilis data neraca pembayaran Indonesia kuartal kedua 2023 yang terpantau turun sebesar Rp 7,4 triliun turut mempengaruhi investor untuk lebih berhati-hati. Turunnya neraca pembayaran Indonesia disebabkan oleh rendahnya harga komoditas internasional dan perlambatan ekonomi global.

Walaupun demikian, STAR AM masih mampu mengelola produk reksadana pasar uang dengan cukup baik. Di sepanjang bulan Agustus 2023, Star Money Market II jadi produk unggulan untuk kelas aset pasar uang dengan imbal hasil 0,75% MoM.

Produk unggulan STAR AM lainnya untuk kelas aset pasar uang ialah STAR Sharia Money Market dengan return sebesar 3,38% YtD per 31 Agustus 2023.

Clara mengatakan, analisis mendalam terhadap fundamental dan prospek emiten obligasi di dalam portofolio reksadana penting dilakukan untuk menghindari risiko gagal bayar. Ini dilakukan guna menjaga konsistensi kinerja produk STAR Sharia Money Market.

Selain itu, produk STAR Sharia Money Market fokus berinvestasi pada sukuk korporasi dengan komposisi 60-80% dan penempatan deposito ke Bank Syariah dengan komposisi 20%-40% untuk mendapatkan imbal hasil yang lebih baik.

Sebagian dana kelolaan akan diinvestasikan ke Sukuk korporasi dengan minimum rating A- untuk menghasilkan return yang optimal.

Baca Juga: Beda Kinerja Produk Reksadana Offshore Negara Maju dan China Milik BNP Paribas

"Kami memilih aset yang optimal dengan memperhatikan likuiditas dan kualitas fundamental aset," jelas Clara kepada Kontan.co.id, Jumat (17/9).

Clara menyarankan pemilihan produk reksadana disesuaikan dengan profil risiko dan jangka waktu investasi dari masing- masing investor. Investor dengan profil risiko relatif rendah dan jangka waktu investasi kurang dari 1 tahun, maka dapat berinvestasi di reksadana pasar uang.

Investor dengan profil risiko menengah dan jangka waktu investasi sekitar 1-3 tahun dapat berinvestasi di reksadana pendapatan tetap. Sementara, investor dengan profil risiko tinggi dan jangka waktu investasi panjang (lebih dari 3 tahun) dapat memilih reksadana saham.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×