kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Punya Fundamental Kokoh dan Prospek Menarik, Simak Rekomendasi Saham BBNI


Rabu, 20 April 2022 / 22:37 WIB
Punya Fundamental Kokoh dan Prospek Menarik, Simak Rekomendasi Saham BBNI
ILUSTRASI. Menara BNI Pejompongan, Jakarta Pusat. Punya Fundamental Kokoh dan Prospek Menarik, Simak Rekomendasi Saham BBNI


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) diyakini mempunyai outlook yang menarik pada tahun ini. Ditopang dengan fundamental yang solid, emiten pelat merah ini dinilai bisa membukukan kinerja yang solid untuk tahun 2022.

Analis MNC Sekuritas, Tirta Citradi, memperkirakan kinerja BBNI pada kuartal I-2021 masih akan tetap positif. Menurutnya, masih terdapat peluang bagi BBNI bisa mencatatkan pertumbuhan pinjaman, setidaknya sejalan dengan pertumbuhan industri pada tiga bulan pertama di tahun ini.

“Kami juga mengekspektasikan dari segi kualitas aset, BBNI juga akan terus menunjukkan perbaikan,” kata Tirta ketika dihubungi Kontan.co.id, Rabu (20/4).

Sementara pada tahun ini, Tirta meyakini BBNI juga berada pada jalur yang tepat untuk membukukan kinerja yang solid. Ia memproyeksikan, pertumbuhan pinjaman BBNI bisa naik 10% secara year on year pada 2022 ini seiring dengan masih adanya ruang dan likuiditas yang cukup melimpah. 

Baca Juga: Asing Net Buy Rp 833 Miliar, Saham Ini Paling Banyak Diborong Asing, Rabu (20/4)

Di satu sisi, ia mempercayai keputusan Bank Indonesia untuk menaikkan giro wajib minimum akan membuat Cost of Fund (CoF) BBNI akan sedikit lebih tinggi pada akhir tahun nanti. Hanya saja, ia optimistis BBNI bisa mempertahankan Net Interest Margin (NIM) di level 4,7%.

 

Dari sisi fundamental lain, Tirta menilai BBNI akan dapat menurunkan non performing loan (NPL) ke kisaran 3,5%. Lalu, melalui efisiensi dari sisi operational expenditure, ia memperkirakan BBNI bisa mendorong Cost to Income Ratio (CIR) turun ke kisaran 42%.

“Dus, secara keseluruhan, kami memproyeksikan Earning Per Share (EPS) BBNI bisa tumbuh 25-26% tahun ini,” imbuhnya.

Potensi dari Akuisisi Bank Mayora

Pada awal tahun ini, manajemen BBNI resmi mengumumkan rencananya untuk mengakuisisi mayoritas saham di Bank Mayora sebagai langkah untuk mendirikan bank digital. Langkah ini merupakan bagian dari strategi pertumbuhan anorganik perseroan pada segmen digital.

Tirta menilai keputusan tersebut sebagai langkah yang tepat karena mengakuisisi bank mini jauh lebih murah biayanya, ketimbang mendirikan bank baru. Selain itu, bank kecil juga memiliki footprint branch yang sedikit sehingga dirasionalisasi lebih mudah. 

Baca Juga: Ekonom Bank Mandiri Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia pada 2022 Capai 5,17%




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×