kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,31   14,00   1.54%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PTPP incar proyek swasta


Selasa, 01 April 2014 / 18:21 WIB
PTPP incar proyek swasta
ILUSTRASI. Pengunjung memilih pakian dengan potongan harga di sebuah pusat belanja di Jakarta. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Cindy Silviana Sukma | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Di tahun 2014 ini, PT PP (persero) Tbk (PTPP) berencana untuk memperbesar proyek-proyek dari private sector atau sektor swasta untuk menopang pendapatannya.

Perusahaan pelat merah ini akan mematok kontribusi dari sektor ini sebesar 60%, naik dari realisasi kontrak pada tahun 2013 yang hanya mencapai 48%. Padahal tahun lalu, emiten yang bergerak di sektor konstruksi dan properti ini lebih banyak menggarap proyek BUMN dan pemerintah.

Direktur Keuangan PTPP Tumiyana mengatakan, tahun lalu, proyek BUMN dan pemerintah memberi sekitar 52% dari total proyek yang dikerjakan perseroan tahun lalu. Dengan mengincar proyek-proyek swasta, perseroan membatasi pengerjaan proyek yang nilainya di atas Rp 100 miliar rupiah.

Pada tahun ini, proyek dari private sector diharapkan dapat menyumbang sekitar Rp 15 triliun, sedangkan sisanya Rp 10 triliun akan berasal dari proyek BUMN dan Pemerintah. “Tahun ini target kontrak dari pemerintah dan BUMN sekitar 40%," katanya pada akhir pekan lalu.
 
Adapun, tahun ini perseroan akan lebih mengandalkan proyek pembangunan gedung dan apartemen. Pasalnya, marjin yang dihasilkan lebih tebal ketimbang proyek infrastruktur atau EPC (engineering, procurement, construction). Sebagai catatan, marjin laba dari sektor properti berada di angka 25% hingga 30%, lebih besar dibandingkan proyek lainnya.

Bila target kontrak perseroan sesuai dengan proyeksi, bukan tidak mungkin marjin laba bersih PT PP akan bergerak positif. Pasalnya, pada tahun 2013, marjin laba bersih perseroan hanya berada diangka 3,60%, turun jika dibandingkan marjin laba bersih pada tahun 2012 yang berada diangka 3,86%.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×