kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.383.000 0,36%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Prediksi IHSG Hari Ini (14/7) Akan Naik 4 Hari Berturut, Berikut Rekomendasi Saham


Jumat, 14 Juli 2023 / 07:51 WIB
Prediksi IHSG Hari Ini (14/7) Akan Naik 4 Hari Berturut, Berikut Rekomendasi Saham
ILUSTRASI. Prediksi IHSG Hari Ini (14/7) Akan Naik 4 Hari Berturut, Berikut Rekomendasi Saham


Reporter: Recha Dermawan, Yudho Winarto | Editor: Adi Wikanto

Prediksi IHSG Hari Ini - JAKARTA. Prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini, Jumat 14 Juli 2023 berpotensi melanjutkan kenaikan. Analis rekomendasi sejumlah saham pilihan untuk dicermati.

Prediksi IHSG hari ini berpotensi naik untuk hari keempat secara berurutan. Sebelumnya, IHSG menguat 2 poin atau 0,3% ke 6.810,21 pada akhir perdagangan Kamis (13/7). 

Prediksi IHSG hari ini akan naik lagi karena sejumlah sentimen positif. Salah satu sentimen positif yang bakal mendorong laju IHSG hari ini adalah kabar baik dari bursa Amerika Serikat (AS) yang baru saja mengakhiri perdagangan pagi ini waktu Indonesia.

Wall Street memperpanjang kenaikan pada hari Kamis (13/7), dengan Nasdaq naik lebih dari 1% untuk hari kedua berturut-turut. Data ekonomi menunjukkan kenaikan tahunan inflasi produsen AS adalah yang terkecil hampir dalam tiga tahun.

Melansir Reuters, Dow Jones Industrial Average naik 47,71 poin atau 0,14% menjadi 34.395,14, S&P 500 naik 37,88 poin atau 0,85% menjadi 4.510,04, dan Nasdaq Composite bertambah 219,61 poin atau 1,58% menjadi 14.138,57.

Data ekonomi tersebut memberikan lebih banyak bukti bahwa tekanan inflasi mereda. Laporan consumer price index (CPI) hari Rabu (12/7) menunjukkan, harga konsumen AS mencatat kenaikan tahunan terkecil mereka lebih dari dua tahun.

Laporan tersebut telah membantu mendukung pandangan bahwa The Fed akan menghentikan kenaikan suku bunga setelah kenaikan suku bunga 25 basis poin yang diharapkan akhir bulan ini.

Baca Juga: Wall Street Naik Lagi di Hari Kamis (13/7) Setelah Rilis Inflasi Produsen

"Producer Price Index (PPI) adalah konfirmasi lain minggu ini bahwa inflasi terus cenderung ke arah yang benar bahkan saat kami melihat data pasar tenaga kerja dan konsumen yang lebih baik secara keseluruhan. Itu pertanda baik," kata Mona Mahajan, Senior investment strategist Edward Jones.

Lukman Hakim, Research Analyst Reliance Sekuritas mengatakan, laju inflasi Amerika Serikat (AS) yang menciut dapat mengurangi risiko di pasar, khususnya terhadap outlook perekonomian.

"Para pelaku pasar masih akan merespons sentimen eksternal terkait inflasi di AS yang telah menyentuh 3%, sementara secara teknikal IHSG berpotensi membentuk rounding bottom setelah berhasil rebound," kata Lukman, Kamis (13/7).

Nicodimus Kristiantoro, Research Consulting Manager Infovesta Utama prediksi IHSG hari ini masih aman di tengah rilis inflasi yang mengendur. "IHSG diproyeksi masih akan menguat namun dalam tren terbatas," kata Nico,.

Secara teknikal, indikator MACD masih kuat ke atas alias melanjutkan momentum penguatan. Begitu pula dengan indikator Parabolic SAR yang titiknya masih berada di bawah candle stick sehingga juga mengindikasikan pola berlanjutnya tren penguatan IHSG.

Lukman menambahkan, IHSG hari ini masih akan cenderung menguat meskipun sempat berlawanan dengan arah bursa regional.  "Kami memperkirakan IHSG masih akan cenderung menguat dengan support-resistance untuk hari Jumat di 6.770-6.860," ujar Lukman

Nicodimus menyebut support IHSG hari ini berada di 6.765 dengan resistance 6.860. Dia merekomendasikan untuk buy saham Bank Rakyat Indonesia (BBRI), Bank Mandiri (BMRI), dan Indofood Sukses Makmur (INDF).

Lukman merekomendasikan buy saham Segar Kumala Indonesia (BUAH), Lippo Karawaci (LPKR), BFI Finance (BFIN), PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS), dan Ciputra Development (CTRA) untuk Jumat (14/7)

Itulah prediksi IHSG hari ini, Jumat 14 Juli 2023 beserta saham pilihan untuk dibeli. Ingat, segala risiko investasi atas rekomendasi saham di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×