kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,51   -5,84   -0.63%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLTGU Medco Power Mulai Beroperasi Komersial


Selasa, 15 Februari 2022 / 18:55 WIB
PLTGU Medco Power Mulai Beroperasi Komersial
ILUSTRASI. Medco Ratch Power Riau memulai operasi komersial PLTGU Riau berkapasitas 275 MW.


Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Medco Power Indonesia (Medco Power) melalui anak perusahaannya, PT Medco Ratch Power Riau, memulai operasi komersial Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Riau berkapasitas 275 MW. 

PLTGU Riau merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional yang telah tersambung dengan sistem kelistrikan Sumatra. PLTGU itu akan memperkuat ketahanan listrik serta menurunkan intensitas emisi gas rumah kaca, khususnya di Provinsi Riau dan Sumatra Bagian Tengah. 

PLTGU Riau merupakan pembangkit gas combined cycle berbasis teknologi terkini, memiliki efisiensi tinggi, dan memenuhi standar  internasional untuk manajemen kualitas lingkungan. 

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham Medco Energi (MEDC) Setelah Akuisisi ConocoPhillips

Adapun total investasi proyek ini mencapai US$ 290 juta. Pihak sponsor juga bekerja sama dengan institusi keuangan internasional seperti Asian Development Bank, International Finance Corporation, MUFG Bank, dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation. 

Presiden Direktur Medco Power Eka Satria mengungkapkan, penyelesaian proyek PLTGU Riau menunjukkan komitmen Medco Power mendukung pemerintah Indonesia dalam program pengembangan sosial dan ekonomi, serta mengembangkan portofolio bisnis Gas to Power. 

"Saya juga bangga dengan tim proyek yang dapat menyelesaikan proyek penting ini dengan sukses dan aman, PLTGU Riau telah membukukan 8,6 juta safe man hours," kata Eka dalam siaran pers, Selasa (15/2). 

Baca Juga: Medco Energi (MEDC) Mendapat Berkah dari Akuisisi dan Harga Minyak

Sementara itu, CEO PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) Roberto Lorato mengungkapkan, PLTGU Riau telah mencapai operasi komersial dengan aman dan mengatasi tantangan Covid-19. 

"PLTGU Riau merupakan bagian dari strategi kami dalam mengembangkan portfolio rendah karbon dan mencapai emisi Net Zero untuk Scope 1 dan Scope 2 pada 2050 dan Scope 3 pada 2060, mendukung program transisi energi pemerintah," kata dia. 

PT Medco Ratch Power Riau adalah perusahaan patungan Medco Power dengan RATCH Group Public Company Limited. Adapun Medco Power merupakan produsen pembangkit listrik independen yang bernaung dalam kelompok usaha Medco Energi Internasional.  

Sekadar informasi, saat ini Medco Power memiliki dan mengoperasikan pembangkit listrik dengan total kapasitas (gross) lebih dari 3,1 GW di 15 lokasi di Indonesia. Medco Power juga tengah mengembangkan proyek PLTP Ijen di Jawa Timur, Poryek PLTS di Bali Barat dan timur, serta PLTS Sumbawa.

Baca Juga: Prospek Apik Usai Akuisisi ConocoPhillips, Ini Rekomendasi Saham Medco Energi (MEDC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×