kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Platinum melambung 6,84% sepekan ini


Jumat, 06 Januari 2017 / 19:49 WIB
Platinum melambung 6,84% sepekan ini


Reporter: Namira Daufina | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Performa platinum terdorong oleh baiknya performa emas sepanjang pekan ini. Mengutip Bloomberg, Jumat (6/1) pukul 16.20 WIB harga platinum kontrak April 2017 di New York Mercantile Exchange melesat 0,95% ke level US$ 967,68 per ons troi dan sepekan ini sudah melambung 6,84%.

Putu Agus Pransuamitra, Research and Analyst PT Monex Investindo Futures menjelaskan faktor yang paling jelas terlihat pada pergerakan harga platinum datang dari pulihnya posisi harga emas. Bahkan di pekan ini harga emas berhasil menyentuh level US$ 1.180 per ons troi yang merupakan level terbaiknya dalam satu bulan terakhir. "Wajar saja harga logam mulia lainnya seperti platinum ikut membaik," ujar Putu.

Hal ini juga didukung oleh koreksi yang diderita dollar AS. Rilis risalah pertemuan FOMC yang menyatakan bahwa The Fed sebenarnya tidak mengharapkan penguatan dollar AS terlampau signifikan dan terpecahnya pandangan petinggi The Fed mengenai peluang kenaikan suku bunga sebanyak tiga kali tahun ini turut menyudutkan posisi dollar AS. Di sisi lain jelas ini menjadi angin segar bagi komoditas terutama logam mulia.

Kondisi ekonomi global yang masih tinggi ketidakpastian terutama di Eropa dan Britania Raya membuat pelaku pasar cenderung memindahkan portofolio investasinya ke aset safe haven logam mulia. "Belum lagi platinum kan merupakan komoditas yang banyak digunakan untuk sektor industri terutama otomotif, jika industri tersebut bergerak agresif maka permintaan akan ikut terdongkrak," jelas Putu.

Ini sejalan dengan laporan AutoData bahwa penjualan kendaraan bermotor di AS Desember 2016 naik 3,1% menjadi 1,69 juta unit dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Dengan raihan gemilang di penutupan tahun 2016 ini maka sepanjang 2016 tercatat penjualan kendaraan bermotor di AS menyentuh 17,55 juta unit atau merupakan kenaikan beruntun dalam tujuh tahun terakhir. Jelas catatan fundamental ini membuat fundamental platinum kuat bertahan dari gempuran dollar AS.

Putu pun mengarahkan dugaannya bahwa sepanjang pekan depan peluang platinum pertahankan kenaikannya masih terbuka. "Hanya saja rentang penguatan akan terbatas karena kenaikan yang sudah signifikan sepanjang pekan ini," duga Putu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×