kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Planet Properindo Jaya (PLAN) merambah bisnis manajemen hotel


Jumat, 09 Oktober 2020 / 17:00 WIB
Planet Properindo Jaya (PLAN) merambah bisnis manajemen hotel


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten perhotelan PT Planet Properindo Jaya Tbk (PLAN) bakal fokus merambah ke bisnis bidang manajemen hotel. Sebagai permulaan, Planet Properindo Jaya mulai dengan mengelola hotel miliknya yang berada di Bandung. Sebelumnya PLAN hanya menyewakan bangunan hotel tersebut kepada PT RedDoorz Management Indonesia (RMI).

Antonyo Tanujaya, Direktur Utama PLAN mengatakan, pengelolaan Vue Palace Hotel ini menjadi prototype ke depan sembari menguatkan operasional, interior, dan customer experience. Nah, dari situ baru Planet Properindo akan mengelola aset-aset milik klien.

Untuk bisnis konsultasi dan manajemen pengelolaan hotel & resort, perusahaan ini berencana menjangkau segmen hotel kapsul, budget hotel, dan hotel bintang 3. Tiga segmen tersebut dipilih oleh karena membutuhkan modal yang minim, waktu break even point (BEP) yang singkat, dan sedikit ruang untuk setiap kamar.

Menurut Antonyo, segmen-segmen ini bakal memiliki tingkat okupansi yang lebih tinggi ketimbang hotel pada umumnya karena permintaan terhadap hotel dengan harga yang terjangkau juga terus meningkat. Manajemen PLAN memprediksi pariwisata dan perhotelan adalah salah satu industri yang akan cepat pulih setelah pandemi Covid-19 berakhir.

Baca Juga: Progres pembangunan hotel anyar Planet Properindo (PLAN) capai 30%

Wisatawan akan segera mencari kesempatan untuk berwisata atau istilah lainnya adalah revenge tourism. Makanya, sekarang ini PLAN sedang berupaya mempersiapkan strategi yang akan digunakan setelah pandemi berakhir.

PLAN akan menggunakan sekitar 20% dari dana yang diperoleh dari initial public offering (IPO) untuk modal kerja dan pengembangan yang bergerak di bidang manajemen hotel.

Sebagai informasi, Planet Properindo Jaya resmi mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (15/9) silam. Perusahaan ini menggelar hajatan IPO dengan melepas 267,86 juta saham atau 30% dari modal disetor dan ditempatkan dengan harga Rp 112 per saham.

Dengan demikian, Planet Properindo meraih dana segar sebesar Rp 30 miliar. PLAN menggunakan 80% dana dari IPO atau sekitar Rp 24 miliar untuk pembangunan infrastruktur dan interior hotel yang terletak di area Kelapa Gading.

Baca Juga: Dirut Planet Properindo yang penuh perhitungan dalam berinvestasi




TERBARU

[X]
×