kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,64   -3,77   -0.42%
  • EMAS948.000 -0,94%
  • RD.SAHAM -0.21%
  • RD.CAMPURAN 0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.11%

Permintaan iklan naik dan konten digital berkembang, prospek sektor media bullish


Minggu, 16 Mei 2021 / 19:05 WIB
Permintaan iklan naik dan konten digital berkembang, prospek sektor media bullish
ILUSTRASI. Permintaan iklan naik dan konten digital berkembang, prospek sektor media bullish


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kinerja keuangan sektor media berpotensi tumbuh solid di tahun ini tersokong permintaan iklan yang meningkat. Pemirsa konten digital yang terus bertambah juga menambah tebal keuntungan sektor media di tahun-tahun yang akan datang. 

Di kuartal I-2021 beberapa emiten media berhasil memperbaiki kinerja setelah di sepanjang tahun lalu kinerja sektor ini terpuruk. PT Surya Citra Media (SCMA) catatkan pertumbuhan pendapatan 7,69% secara tahunan. Kompak, PT Elang Mahkota Teknologi (EMTK) juga catatkan pertumbuhan pendapatan hingga 20,05% secara tahunan. 

Analis Samuel Sekuritas Nashrullah Putra memproyeksikan kinerja keuangan sektor media kompak menguat di tahun ini. Jika di tahun lalu kinerja sektor ini terpuruk akibat pandemi, Nashrullah melihat pemulihan ekonomi yang mulai terjadi di tahun ini akan menaikkan belanja iklan para perusahaan yang biasa memasang iklan di sektor media. 

Begitu pun, PT Media Nusantara Citra yang hingga kini belum merilis kinerja keuangan kuartal I-2021, Nashrullah memproyeksikan MNCN akan torehkan pertumbuhan pendapatan seperti emiten lain di sektor ini. 

Baca Juga: Aset taipan di Hong Kong dibekukan, Taiwan beri peringatan kepada investor global

Untuk MNCN kinerja berpotensi tumbuh karena didukung pertumbuhan audience share yang menjadi 53% di akhir April dari 35% di Januari. "Audience share naik, pendapatan MNCN berpotensi naik dua digit di kuartal pertama tahun ini," kata Nashrullah.

Head of Research Sucor Sekuritas, Adrianus Bias Prasuryo juga memandang sektor media di tahun ini akan bullish seiring prospek perbaikan kinerja yang solid. "Perusahaan yang tahun lalu menahan pengeluaran iklan, di tahun ini sudah boleh menambah pengeluaran iklan seiring ekonomi dan mobilitas yang mulai membaik," kata Bias dalam riset. 

Bias memproyeksikan pendapatan sektor media di tahun ini tumbuh 12% secara tahunan. Angka tersebut Bias katakan cukup tinggi mengingat rata-rata pendapatan sektor media tumbuh satu digit. Namun, dari 2021 hingga 2023 rata-rata pertumbuhan pendapatan sektor media berpotensi naik ke 15,8% karena tersokong kontribusi iklan yang masuk dari konten digital. 

Baca Juga: Sederet bisnis Raffi Ahmad: Memiliki klub bola Cilegon FC hingga menjajal pasar saham

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Sukses Presentasi: Presentasi Online Yang Tidak Membosankan Batch 2

[X]
×