kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.965.000   -1.000   -0,05%
  • USD/IDR 16.737   50,00   0,30%
  • IDX 6.760   11,40   0,17%
  • KOMPAS100 976   2,82   0,29%
  • LQ45 758   0,75   0,10%
  • ISSI 215   1,04   0,49%
  • IDX30 393   0,29   0,07%
  • IDXHIDIV20 469   -1,80   -0,38%
  • IDX80 111   0,26   0,23%
  • IDXV30 114   -0,23   -0,20%
  • IDXQ30 129   0,06   0,05%

Perluas pasar ekspor, Satyamitra Kencana Lestari manfaatkan perang dagang AS-China


Jumat, 13 September 2019 / 20:00 WIB
Perluas pasar ekspor, Satyamitra Kencana Lestari manfaatkan perang dagang AS-China
ILUSTRASI. PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen kemasan berbahan kertas PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (SMKL) berupaya memanfaatkan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China untuk mengembangkan pasar ekspornya. 

Direktur Pemasaran dan Operasional PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk Herryanto S. Hidayat mengatakan, selama ini perusahaan-perusahaan yang membutuhkan kemasan, memesan kemasan tersebut dari produsen yang berbasis di China.

Akan tetapi, akibat perang dagang, perusahaan-perusahaan ini akan memindahkan pesanannya ke produsen kemasan di Indonesia. Terlebih lagi, mengingat kapasitas Vietnam sebagai saingan terdekat Indonesia sudah mulai terbatas. “Potensi pasar yang akan dipindahkan dari China nilainya sangat besar, bisa mencapai ratusan juta dolar AS per tahunnya,” ucap dia saat dihubungi Kontan.co.id, Jumat (13/9).

Sebagai awal, SMKL pada tahun ini bekerjasama dengan perusahaan retail AS, Walmart untuk mengekspor 150 kontainer tas belanja Walmart ke negeri Paman Sam tersebut. Nilai kontraknya adalah sekitar US$ 10 juta.

Baca Juga: Melantai di Bursa, Satyamitra Kemas (SMKL) Membidik Kenaikan Kinerja 15%

Sementara itu, pada tahun depan, SMKL akan terus memperluas pasar ekspornya ke AS, serta Kanada dan negara-negara di Eropa. Beberapa perusahaan yang menjadi pelanggan baru potensial SMKL adalah New Balance, Target, dan Nestle.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Negotiation Mastery

[X]
×