kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,74   -2,58   -0.26%
  • EMAS981.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Perkuat Akses Kesehatan di Indonesia, Kalbe Farma (KLBF) Akuisisi 80% Saham Aventis


Sabtu, 30 Juli 2022 / 15:38 WIB
Perkuat Akses Kesehatan di Indonesia, Kalbe Farma (KLBF) Akuisisi 80% Saham Aventis
ILUSTRASI. Kalbe Farma (KLBF) akan mengakuisisi 80% saham PT Aventis Pharma yang ditargetkan selesai pada Oktober 2022.

Reporter: Yuliana Hema | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) akan mengakuisisi 80% saham PT Aventis Pharma atau Sanofi Indonesia yang ditargetkan selesai pada Oktober 2022 mendatang. 

Kalbe Farma bakal mencalok saham Sanofi Indonesia dengan membeli kepemilikan saham Sanofi Aventis Participations dan Hoechst GMBH. Ketiganya telah telah menandatangani perjanjian pembelian saham (share purchase agreement) pada 22 Juli 2022.  

Presiden Direktur Kalbe Farma, Vidjongtius bilang akuisisi ini bertujuan untuk menguatkan akses kesehatan di Indonesia melalui ekspansi obat resep diabetes, cardio, vaksin dan branded generik. 

Baca Juga: Kalbe Farma (KLBF) Bakal Caplok 80% Saham Aventis Pharma dari Sanofi & Hoechst

Untuk jangka panjang, dia menyebut akuisisi ini juga dapat meningkatkan kontribusi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) bidang kesehatan. Akuisisi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap kinerja KLBF, khususnya pada Divisi Obat Resep. 

"Kami perkirakan sekitar Oktober 2022 diharapkan selesai. Sumber dana dapat dari internal kas atau pendanaan pinjaman bank," kata Vidjongtius kepada Kontan.co.id, belum lama ini. 

Untuk saat ini dia belum bisa menyampaikan nilai dari transaksi ini karena masih dalam proses. Penyelesaian transaksi ini juga masih bergantung pada pemenuhan beberapa persyaratan. 

Baca Juga: Ini Strategi Emiten Farmasi Saat Rupiah Masih Betah di Sekitar Rp 15.000 Per Dolar AS

Adapun KLBF akan mengambil 80% kepemilikan atas Aventis Pharma beserta hak distribusi, lisensi dan pemasaran atas produk-produk obat resep dan vaksin di seluruh Indonesia.

Asal tahu saja, Sanofi Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan dengan portofolio produk farmasi baik obat resep, obat generik, dan vaksin serta produk kesehatan konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×