kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45812,30   5,40   0.67%
  • EMAS1.056.000 0,19%
  • RD.SAHAM -0.34%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Penuhi free float, Golden Energy (GEMS) akan segera gelar rights issue


Senin, 06 Juli 2020 / 14:53 WIB
Penuhi free float, Golden Energy (GEMS) akan segera gelar rights issue
ILUSTRASI. PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS), anak perusahaan Sinar Mas Group atau Sinarmas di bidang pertambangan batubara.

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) berencana untuk melakukan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETED/rights issue) sebanyak-banyaknya 588,23 juta saham. Jumlah ini setara dengan 10% dari modal disetor perseroan.

Melansir keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (6/7), aksi korporasi ini dilakukan untuk memenuhi ketentuan free float sebagaimana dipersyaratkan oleh BEI berdasarkan Peraturan BEI No. I-A.  

Saat ini, saham free float yang dimilki GEMS telah memenuhi ketentuan minimal 50 juta saham dan dimiliki oleh minimal 300 pemegang saham.

Baca Juga: Bank Mandiri (BMRI) tambah kredit modal kerja Golden Energy sebesar US$ 29,50 juta

“Namun persentasenya hanya sekitar 3,0%, sehingga masih belum memenuhi minimal persentase free float sebesar 7,5%,” tulis manajemen PT Golden Energy Mines Tbk dalam rilis, Senin (6/7).

Adapun saham-saham yang akan diterbitkan adalah saham atas nama dengan nilai nominal yang sama dengan nilai nominal saham-saham GEMS  yang telah dikeluarkan, yaitu Rp100 per saham.

Bagi pemegang saham GEMS  yang tidak menggunakan haknya untuk memesan efek terlebih dahulu, persentase kepemilikan saham secara keseluruhan akan terdilusi sebesar maksimum 9%.

Selain untuk memenuhi free float, aksi korporasi ini juga dapat memperkuat struktur permodalan dan mengundang investor-investor lokal maupun asing untuk berpartisipasi menginvestasikan modalnya sehingga memberikan nilai tambah bagi kinerja GEMS.

Untuk melancarkan HMETD ini, GEMS akan menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 12 Agustus 2020 mendatang. Sementara, pelaksanaan penambahan modal dengan HMETD direncanakan pada akhir semester I- 2021 atau dalam jangka waktu tidak lebih dari 12 bulan sejak tanggal persetujuan RUPSLB.

Sebagai gambaran, saat ini sebanyak 66,9% atau 3,94 miliar saham GEMS dikempit oleh Golden Energy and Resources Ltd. Sementara GMR Coal Resources Pte. Ltd mengempit 30% saham GEMS. Kepemilikan publik di saham GEMS hanya 3,0%, masih di bawah batas free float yang ditetapkan BEI yakni 7,5% dari jumlah saham dalam modal disetor.

Baca Juga: Penuhi free float, Golden Energy Mines (GEMS) siapkan dua opsi aksi korporasi

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×