kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45914,93   -8,56   -0.93%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan Mandom Indonesia (TCID) naik 5,6% sepanjang 2019


Jumat, 21 Februari 2020 / 19:54 WIB
Penjualan Mandom Indonesia (TCID) naik 5,6% sepanjang 2019
ILUSTRASI. PT Mandom Indonesia Tbk mengantongi penjualan hingga Rp 2,8 triliun di sepanjang tahun 2019


Reporter: Kenia Intan | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan kosmetik PT Mandom Indonesia Tbk mengantongi penjualan hingga Rp 2,8 triliun di sepanjang tahun 2019. Penjualan tersebut  naik 5,6% dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 2,65 triliun.

Sekretaris Perusahaan PT Mandom Indonesia Tbk Alia Dewi  menjelaskan kenaikan penjualan tersebut ditopang oleh penjualan domestik maupun ekspor yang sama-sama bertumbuh.

Berdasar keterbukaan informasi yang disampaikan Kamis (21/2), penjualan domestik berkontribusi 73,21% atau setara Rp 2,05 triliun dari total penjualan tahun 2019.

Baca Juga: Pelaku industri kosmetik dorong promosi dan penjualan diberbagai lini

Penjualan domestik tersebut tumbuh 3,54% dari tahun 2018 yang tercatat Rp 1,98 triliun. Sementara itu, penjualan ekspor emiten berkode TCID itu tercatat Rp 753,86 miliar, naik 8,16% dari tahun 2018 yang sebesar Rp 697 miliar.

Lebih lanjut Alia menjelaskan, penjualan domestik TCID ditopang oleh produk kategori kosmetik wanita yang tumbuh signifikan. Adapun untuk pangsa pasar kosmetik wanita, Alia mengklaim Mandom Indonesia berada di posisi nomor dua. 

Sementara itu, untuk penjualan ekspornya, Mandom Indonesia ditopang oleh produk-produk hair styling dan kosmetik. Misalnya, produk Pixy yang sudah diekspor ke Malaysia.

Baca Juga: Mandom Indonesia (TCID) gali potensi bisnis kosmetik di e-commerce

Untuk komposisi penjualan ekspor di tahun 2020, TCID masih akan mempertahankan dengan persentase yang menurutnya ideal, yakni 25% hingga 30% .

Meskipun penjualannya naik, laba bersih TCID justru tertekan. Diperkirakan TCID mengantongi laba bersih Rp 145,15 miliar sepanjang tahun 2019. Adapun pada tahun 2018 laba bersih tahun berjalan TCID tercatat Rp 173,05 miliar.

" Lebih kepada kenaikan di Cost of Goods Sold (COGS)," kata Alia ketika dihubungi Kontan.co.id, Jumat (21/2).

Asal tahu saja COGS sama halnya dengan Harga Pokok Penjualan atau HPP. Kenaikan pada COGS dipicu oleh kenaikan harga bahan baku yang menjadi komponen terbesar di dalamnya.

Baca Juga: Mandom Indonesia (TCID) Fokus Kosmetik Wanita Tahun Depan

Untuk tahun ini, Alia mengakui pihaknya masih akan memonitor kondisi selama tahun berjalan. Yang jelas, opsi kenaikan harga produk akan menjadi opsi terakhir untuk mengerek laba.

Terkait pejualannya di tahun 2020, Mandom Indonesia berharap bisa bertumbuh 5% hingga 10% dibanding tahun 2019. Strateginya dengan meluncurkan  produk baru di pasaran, meningkatkan penetrasi pasar untuk produk baru yang diluncurkan tahun lalu, serta meningkatkan iklan dan promosi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×