kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan Alat Berat Solid, Cek Rekomendasi Saham (UNTR) Berikut Ini


Rabu, 27 April 2022 / 22:19 WIB
Penjualan Alat Berat Solid, Cek Rekomendasi Saham (UNTR) Berikut Ini
ILUSTRASI. Sejumlah alat berat Komatsu milik United Tractors dipajang saat pameran Mining Indonesia 2019 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (18/9). KONTAN/Cheppy A. Muchlis/18/09/2019


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penjualan alat berat milik PT United Tractors Tbk (UNTR) tumbuh solid. Anak usaha PT Astra International Tbk (ASII) ini menjual 1.694 unit alat berat sepanjang kuartal pertama 2022. 

Jumlah ini melesat 146% secara tahunan, dimana penjualan alat berat pada periode kuartal pertama 2021 hanya sebesar 648 unit.

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Hariyanto Wijaya dan Emma A. Fauni menilai, pertumbuhan penjualan alat berat yang mengesankan ini didorong oleh penguatan harga batubara. 

Penjualan alat berat UNTR per tiga bulan pertama 2022 sudah memenuhi 45% dari ekspektasi yang dipasang Mirae Asset Sekuritas. Namun, Hariyanto menilai terdapat potensi kenaikan penjualan unit Komatsu hingga akhir 2022.

Baca Juga: Bank Besar Bukukan Laba Jumbo, Simak Rekomendasi Saham BBRI, BBCA, BMRI dan BBTN

Di tengah curah hujan yang lebat disertai banjir yang mengelilingi area pertambangan Sangatta sepanjang Maret, anak usaha UNTR di bidang kontraktor tambang yakni PT Pamapersada Nusantara (Pama), mampu membukukan kenaikan produksi batubara secara bulanan.

Pama melaporkan angka produksi sebesar 8,6 juta ton pada Maret 2022, naik 6% secara bulanan namun  terkoreksi 13% secara tahunan. 

Pama juga mencatatkan volume pemindahan lapisan penutup atau overburden (OB) removal secara bulanan yang lebih tinggi sebesar 73,6 juta bank cubic meter. Realisasi ini naik 8% secara bulanan dan naik 6% secara tahunan.

Dalam beberapa bulan mendatang, Mirae Asset Sekuritas memperkirakan volume kontrak penambangan OB removal dan produksi batubara akan terus meningkat, yang didukung oleh membaiknya cuaca. 

Selain itu, perusahaan penambang batubara yang merupakan klien PAMA, akan meningkatkan produksi batubara mereka untuk memanfaatkan harga batubara yang menguntungkan saat ini.

Baca Juga: Cetak Kinerja Apik, Simak Rekomendasi Analis untuk Saham Astra Internatioinal (ASII)

Di segmen penjualan batubara lewat anak usahanya yakni Tuah Turangga Agung, UNTR membukukan volume penjualan batubara sebesar 1,1 juta ton di Maret 2022. Angka ini naik 0,1% secara tahunan namun menurun 23% secara bulanan. 

Penurunan ini sejalan dengan ekspektasi Mirae Asset, sebab penjualan batubara sepanjang kuartal pertama 2022 mencapai 2,9 juta ton. Hasilnya mewakili 32,8% dari target volume penjualan yang dipasang Mirae Asset tahun ini, yakni sebesar 9,0 juta ton.

 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×