kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemimpin sepakat, kurs euro kuat


Rabu, 04 Juli 2018 / 06:54 WIB
Pemimpin sepakat, kurs euro kuat
ILUSTRASI. Uang euro Uni Eropa


Reporter: Michelle Clysia Sabandar | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tercapainya kesepakatan antarpemimpin Uni Eropa berhasil membuat euro bertenaga. Selasa (3/7), pasangan EUR/USD menguat 0,16% ke level 1,1658. Serupa, EUR/JPY pun menanjak 0,07% menjadi 129,16. Hanya pairing EUR/GBP yang melemah 0,25% ke posisi 0,88339.

Dalam pertemuan pemimpin Uni Eropa akhir Juni lalu, Uni Eropa sepakat berbagi tanggung jawab menangani masalah imigran yang terus berdatangan ke Benua Eropa. Sebelum mencapai kesepakatan, beberapa negara Eropa menolak ikut serta menampung para pengungsi.

Hal itu sempat membuat politik di kawasan Benua Biru memanas. Asal tahu saja, kesepakatan tersebut diambil setelah Perdana Menteri Italia Giuseppe Conto curhat lantaran negaranya menampung setengah juta pengungsi.

Selain itu, data pengangguran Eropa di Mei 2018 turun ke level 8,4%. Angka ini di atas ekspektasi pasar yang memprediksi pengangguran mencapai 8,5%. Indeks harga produsen (PPI) Mei juga lebih tinggi dari perkiraan, di 0,8%.

Sementara dari kawasan Jepang, belum ada data signifikan yang dapat menggerakkan yen. Menurut analis Monex Investindo Futures Faisyal, hal ini membuat EUR lebih bertenaga di hadapan yen.

Tapi analis Global Kapital Investama Nizar Hilmy bilang, pelemahan dollar AS hanyalah koreksi teknikal. "Performa ekonomi Eropa belum mampu menyaingi AS," kata dia.

Di sisi lain, pernyataan anggota komite moneter Bank of England (BoE) Michael Saunders yang menyebut kemungkinan suku bunga acuan Inggris dapat naik lebih cepat dari perkiraan pasar membuat poundsterling terangkat. Data ekonomi di Negeri Ratu Elisabeth yang dirilis pekan ini pun cenderung positif dan semakin memperkuat posisi poundsterling di hadapan EUR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×