kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Pelaku pasar cemas, Dow Jones lemas


Selasa, 31 Agustus 2010 / 07:00 WIB

Pelaku pasar cemas, Dow Jones lemas


Berita Terkait

NEW YORK. Saham-saham di bursa AS ditutup dengan penurunan, kemarin (30/8) malam. Penurunan tersebut menghapus angka kenaikan yang sudah dicapai indeks dalam beberapa hari sebelumnya. Ada kekhawatiran di pasar mengenai melambatnya pemulihan ekonomi global. Selain itu, posisi yen terus saja menguat terhadap 16 mata uang utama dunia.

Pada penutupan pukul 16.00 waktu setempat, indeks Standard & Poor's 500 mengalami penurunan sebesar 1,5% menjadi 1.048,92.Sementara, indeks Dow Jones turun 1,4% menjadi 10.009,73. Pada transaksi kemarin, hanya ada sebanyak 5,79 miliar saham yang berpindah tangan. Ini merupakan transaksi yang paling rendah sepanjang tahun ini.

Sejumlah saham yang mencatatkan penurunan terbesar antara lain Bank of America Corp, Home Depot Inc, dan American Express Co yang masing-masing mengalami penurunan setidaknya 2,4%. Sementara itu, Intel Corp anjlok 2,2% setelah perusahaan teknologi itu menyetujui untuk mengakuisisi unit wireless milik Infineon Technologies AG senilai US$ 1,4 miliar.

"Memang ada peningkatan anggaran belanja konsumen pada Juli yang lebih baik dari prediksi. Namun adanya penurunan pendapatan setelah pajak menimbulkan pertanyaan tentang perekonomian," jelas Alan Gayle, senior investment strategist Ridge Worth Capital Management.

Dari 24 sektor yang ada di S&P, sektor finansial, chipmakers, dan pelaku ritel memimpin penurunan tertinggi. Penurunan terjadi setelah data pemerintah yang dirilis menunjukkan adanya kenaikan pendapatan pribadi sebesar 0,4%. Namun, data lain juga menunjukkan tingkat pendapatan setelah pajak menurun untuk pertama kalinya sejak Januari.




Reporter: Barratut Taqiyyah, Bloomberg
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Video Pilihan


Close [X]
×