kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar lesu, begini target kinerja Kurniamitra Duta Sentosa (KMDS) di tahun ini


Rabu, 11 November 2020 / 19:25 WIB
Pasar lesu, begini target kinerja Kurniamitra Duta Sentosa (KMDS) di tahun ini
ILUSTRASI. Produk bahan minuman PT Kurniamitra Duta Sentosa Tbk (KMDS)


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kurniamitra Duta Sentosa Tbk (KMDS) tidak ingin muluk-muluk dalam menetapkan target pada tahun ini. Sampai tutup tahun nanti, distributor sirup monin tersebut menargetkan bisa menahan laju penurunan penjualan di posisi kurang lebih 20% dibanding realisasi tahun 2019.

Sementara itu pada sisi bottom line, KMDS menargetkan agar laba bersih perusahaan tidak turun lebih dari sekitar 40% dibanding realisasi tahun lalu. 

Direktur Utama KMDS Hengky Wijaya mengatakan, penetapan target ini didasari pertimbangan kondisi pandemi virus corona (Covid-19) yang melanda Indonesia. 

Baca Juga: Sudah melantai di BEI, ini target Kurniamitra (KMDS) selanjutnya

“Target tersebut, khususnya untuk bottom line merupakan hal yang realistis mengingat kami harus bertahan di tengah pandemi Covid-19,” kata dia kepada Kontan.co.id,  Selasa (10/11).

Lebih lanjut, Hengky menjelaskan bahwa industri makanan dan minuman alias food & beverages (F&B) tidak kebal dari efek gulir pandemi. Dalam hal ini, penerapan protokol  kesehatan seperti misalnya social distancing di lokasi-lokasi seperti pusat perbelanjaan mempengaruhi bisnis minuman para pelanggan KMDS. Walhasil, penjualan KMDS pun ikut terdampak.

Kondisi bisnis distribusi F&B yang menantang juga tercermin dalam kinerja KMDS di sembilan bulan pertama tahun ini. Mengintip laporan keuangan perusahaan, penjualan bersih KMDS turun 19,49% secara tahunan (yoy) menjadi Rp 83,42 miliar pada periode Januari-September 2020. Sebelumnya, penjualan bersih KMDS mencapai Rp 103,63 miliar pada periode sama tahun lalu.

Penjualan yang turun turut menekan kinerja bottom line perusahaan di sembilan bulan pertama tahun ini. Tercatat, laba bersih KMDS turun 49,33% yoy dari semula Rp 22,23 miliar pada Januari-September 2019 menjadi Rp 11,26 miliar di akhir kuartal III-2020.

Di tengah kondisi yang demikian, KMDS telah menyiapkan beberapa strategi agar target kinerja bisa tercapai. Pertama, KMDS akan terus memberikan dukungan kepada bisnis minuman pelanggan-pelanggan KMDS dengan cara memberikan promo potongan harga. 

Baca Juga: Begini target Kurniamitra Duta Sentosa (KMDS) di tahun ini

Kedua, KMDS juga menyiapkan beberapa produk-produk baru. Langkah tersebut diharapkan bisa menumbuhkan loyalitas pelanggan KMDS dan mendorong pelanggan perusahaan untuk melakukan pembelian berulang atau repeat order

Selanjutnya, KMDS juga akan terus berupaya mengail peluang pada outlet-outlet makanan dan minuman yang masih beroperasi di seluruh Indonesia.

Selanjutnya: Hingga September, laba bersih Kurniamitra Duta Sentosa (KMDS) turun 49,33% yoy

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×