kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.000,02   6,42   0.65%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Parkir Aset Jangka Pendek Aman dan Cuan dalam Deposito Bunga 5,88% p.a


Selasa, 07 Februari 2023 / 12:21 WIB
Parkir Aset Jangka Pendek Aman dan Cuan dalam Deposito Bunga 5,88% p.a
ILUSTRASI. Kontan - J Trust Bank Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Mencari tempat untuk ‘memarkir’ dana atau aset dalam jangka waktu pendek terkadang menimbulkan dilema bagi investor. Berinvestasi di pasar modal yang penuh ketidakpastian, risikonya terlalu tinggi jika dana akan digunakan dalam waktu satu tahun ke depan. Di sisi lain, hanya menempatkan dana di rekening tabungan juga membuat aset kurang produktif. Dari berbagai pilihan instrumen investasi jangka pendek, investor dapat mempertimbangkan deposito.

Dibandingkan dengan tabungan, deposito memberikan suku bunga yang lebih tinggi. Makin panjang jangka waktu deposito, bunganya juga akan semakin besar. Suku bunga deposito berubah menyesuaikan besaran suku bunga acuan dan kebijakan setiap bank.

Deposito termasuk instrumen investasi jangka pendek yang minim risiko, misalnya jika dibandingkan dengan peer to peer (P2P) lending. Kreditur atau pihak yang meminjamkan dana bisa memilih jangka waktu pembiayaan. Jika ingin mendapatkan keuntungan lebih cepat, tinggal pilih tenor di bawah satu tahun. Namun, tetap ada risiko gagal bayar dari debitur atau pihak peminjam dalam P2P lending.

Baca Juga: Tebar Cuan dengan Ajak Relasi Buka Deposito di J Trust Bank

Sementara itu, jika dibandingkan dengan instrumen jangka pendek lain yang juga rendah risiko, seperti surat utang negara (SUN), deposito memiliki keunggulan dalam pilihan jangka waktu. SUN umumnya memiliki tenor dua hingga empat tahun, sedangkan tenor deposito tersedia dalam berbagai pilihan, mulai dari satu bulan hingga dua tahun. Nasabah bisa menyesuaikan jangka waktu penempatan deposito sesuai dengan rencana penggunaan aset sehingga likuiditasnya tetap terjaga.

Agar imbal hasil optimal, investor dapat menempatkan aset dalam deposito yang memberikan bunga kompetitif serta tambahan reward lainnya. Dengan demikian, aset akan menjadi makin produktif dan tidak sekadar mengendap begitu saja. Dalam jangka waktu pendek, investor pun bisa memperoleh cuan yang sudah dapat dihitung secara lebih pasti. 

Bunga deposito lebih tinggi

Anda yang sedang mencari produk deposito aman dan menguntungkan, bisa memilih program Deposito Fantastis dari J Trust Bank. Program ini adalah salah satu program deposito yang menawarkan bunga deposito tinggi dan reward bagi nasabah baru. Dalam program Deposito Fantastis, dengan menempatkan dana minimum Rp5 miliar nasabah akan mendapatkan bunga sebesar 5,88% per tahun.

Nasabah dapat memilih tenor deposito 1 bulan, 3 bulan, atau 6 bulan. Selain bunga deposito yang atraktif, nasabah juga akan memperoleh reward yang diberikan pada awal penempatan deposito.

Ilustrasi program Deposito Fantastis dapat dilihat dalam tabel berikut.

Nominal

Tenor

Suku bunga

Cashback (nett)

Rp5.000.000.000

1 bulan

5,88% p.a

Rp400.000

Rp5.000.000.000

3 bulan

5,88% p.a

Rp3.600.000

Rp5.000.000.000

6 bulan

5,88% p.a

Rp12.320.000

Nasabah yang ingin mengikuti program Deposito Fantastis perlu mengetahui bahwa hasil bunga akan dikenakan pajak 20% sesuai aturan berlaku. Selain itu, nilai reward diperhitungkan dalam besaran suku bunga penempatan deposito. Jadi dalam hal ini, penjaminnya adalah J Trust Bank karena nilai bunga deposito secara total melebihi ketentuan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Hal lain yang perlu diperhatikan, program Deposito Fantastis tidak bisa dicairkan sebelum jatuh tempo. Jika nasabah melakukannya, akan dikenakan penalti berupa pemberlakuan suku bunga menjadi 2% per tahun yang dihitung sejak awal penempatan deposito. Nilai reward yang sudah diterima pun harus dikembalikan lagi, dipotong dari deposito yang ditempatkan. Oleh sebab itu, pertimbangkan dahulu jika ingin mencairkan deposito sebelum jatuh tempo.

Program Deposito Fantastis ini hanya ditawarkan dalam periode terbatas, yaitu hingga 31 Maret 2023. Makanya, jangan lewatkan kesempatan menarik ini dan segera ikuti programnya. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kantor cabang J Trust Bank terdekat, akses www.jtrustbank.co.id atau hubungi Ask J 1500 615.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×