kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Panca Budi (PBID) Mencuil Peluang dari Bisnis Makananan


Selasa, 08 Februari 2022 / 09:46 WIB
Panca Budi (PBID) Mencuil Peluang dari Bisnis Makananan
ILUSTRASI. Disamping memproduksi kantongan plastik, PT Panca Budi Idaman juga menyediakan berbagai pelengkap kemasan untuk kebutuhan sehari-hari.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Panca Budi Idaman Tbk (PBID) dinilai masih punya prospek yang menjanjikan di tengah pemulihan ekonomi.

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Rizkia Darmawan menilai, perekonomian akan pulih lebih cepat pada 2022, mengingat vaksinasi booster sudah didistribusikan oleh pemerintah sejak awal tahun. 

Pemulihan mobilitas yang cepat akan berdampak pada operasional pedagang kaki lima yang melayani produk mereka dengan menggunakan kantong plastik. Hal ini diikuti dengan kemungkinan adanya pemulihan permintaan terhadap kantong plastik. 

Rizkia menilai, PBID memiliki keunggulan kompetitif, yakni dengan mendistribusikan produknya langsung ke pengecer, terutama di pasar tradisional.

Baca Juga: Panca Budi (PBID) Siap Dorong Ekspansi ke Wilayah Indonesia Timur

Dus, PBID akan dapat dengan cepat menangkap pemulihan permintaan kantong plastik. Selain itu, tren peningkatan layanan pesan-antar makanan juga akan menguntungkan PBID secara keseluruhan. 

“Seiring dengan meningkatnya kesadaran akan kebersihan karena pandemi, kami percaya bahwa permintaan kantong plastik untuk makanan dan minuman akan tetap bertahan, terlepas dari penerapan cukai pada kantong plastik,” terang Rizkia. 

Dihubungi terpisah, Direktur PBID Lukman Hakim mengatakan, untuk menangkap peluang penggunaan kemasan plastik, pihaknya tetap menjalankan strategi perusahaan dan menjaga ketersediaan produk di pasar.

PBID akan memperluas pangsa pasar dan jangkauan distribusi dengan mendirikan gudang distribusi terutama di Indonesia bagian Timur dan Luar Jawa. 

Baca Juga: Pasar Prospektif, Emiten Plastik Pasang Target Optimistis Tahun Depan

PBID juga meningkatkan inovasi produk seperti food pack, dus kue, kertas nasi, gelas plastik, hingga sarung tangan plastik.

Selain itu, PBID juga melakukan efisiensi kegiatan operasional seperti meningkatkan kapasitas pabrik di Jawa Tengah dengan upah minimum regional (UMR) yang lebih rendah.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×