kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nara Hotels: Proses IPO sudah sesuai aturan


Jumat, 07 Februari 2020 / 12:35 WIB
Nara Hotels: Proses IPO sudah sesuai aturan
ILUSTRASI. Hotel yang dioperasikan PT Nara Hotel Internasional Tbk. Nara Hotels International angkat bicara soal penundaan listing saham yang semula dijadwalkan hari ini


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Nara Hotels International Tbk angkat bicara soal ditundanya pencatatan saham perdana oleh regulator yang semula dijadwalkan akan berlangsung di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini, Jumat (7/2). Menurut Nara Hotels, pembelian saham Nara sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku, termasuk bentuk dan isi prospektus sesuai dengan POJK nomor/POJK.04/2017.

Tata cara pemesanan pada surat penawaran umum 3 Februari dan 4 Februari 2020, sudah memenuhi syarat dan peraturan yang berlaku, yakni setiap calon investor mengisi surat Formulir Pemesanan Pembelian Saham (FPPS) dan persyaratan administratif lainnya. Proses IPO juga memenuhi syarat pembelian saham dengan melengkapi kelengkapan administrasi dan menyetorkan sejumlah dana sesuai dengan saham yang dipesan.

“Jadi biasanya, orang membeli atau memesan saham pada IPO susah untuk mendapatkan saham, karena hanya dikuasai oleh sekelompok orang atau yang biasa disebut bandar,” ujar Adrianus Daniel Sulaiman, Direktur Utama Nara Hotels.

Baca Juga: Misteri Penundaan Pencatatan Saham IPO Nara Hotels

Pada umumnya perusahaan yang akan IPO, menurut Daniel, investor ritel biasanya akan melakukan pemesanan sebanyak-banyaknya. Namun, tak jarang investor ritel justru mendapatkan alokasi saham yang sangat sedikit, karena sudah dikuasai oleh bandar.

“Dari 631 investor hanya 10 orang investor yang merasa janggal dan melakukan protes ke Bursa, sementara bagaimana nasib ratusan investor lainnya yang ingin menjadi bagian dari IPO Nara Hotel Internasional?” ungkap Daniel.

Oleh karena itu Nara Hotel Internasional, kata Daniel, memiliki visi misi agar investor retail juga memiliki alokasi dan kesempatan yang sama untuk berinvestasi sesuai saham yang mereka pesan.

Baca Juga: Transaksi di Bursa Saham Sepi, Broker pun Gigit Jari

“Nara Hotel Internasional tidak pernah melakukan kejanggalan atau pelanggaran aturan apapun juga. Justru kami memberikan kesempatan yang besar sesuai dengan visi dan misi OJK sesuai harapan investor. Semangat kami adalah saham kami bisa terdistribusikan dengan baik dan merata,” kata Daniel.

Dia menambahkan, pihaknya ingin mendukung program di pasar modal agar masyarakat umum memiliki kesempatan yang sama dengan investor skala besar lainnya.

Menurut Daniel, hal ini perlu dilakukan agar ekosistem pasar modal di Indonesia bisa didistribusikan kepada masyarakat secara merata dan bukan dikuasai oleh segelintir orang dan pada saat bersamaan sebagai emiten, harus tetap tunduk kepada setiap ketentuan-ketentuan yang dibuat oleh regulator.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×