kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45742,38   -7,62   -1.02%
  • EMAS1.014.000 0,80%
  • RD.SAHAM -0.36%
  • RD.CAMPURAN -0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Mirae Asset Sekuritas kerek rekomendasi saham United Tractors (UNTR), ini sebabnya


Kamis, 30 Juli 2020 / 21:02 WIB
Mirae Asset Sekuritas kerek rekomendasi saham United Tractors (UNTR), ini sebabnya
ILUSTRASI. Petugas memeriksa alat berat milik PT United Tractors Tbk (UNTR) di Jakarta, Senin (25/4). UNTR menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dengan salah satu keputusannya menyetujui penggunaan laba bersih yang mencapai Rp 3,9 triliun untuk didibagi

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pagbeluk Covid-19 dan pelemahan harga komoditas batubara turut menjegal kinerja PT United Tractors Tbk (UNTR). Sepanjang enam bulan pertama 2020, UNTR membukukan pendapatan bersih senilai Rp 33,19 miliar, turun 23% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019.

Bersamaan, UNTR mengempit laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk  senilai Rp 4,1 triliun. Realisasi ini turun 28% dari laba bersih periode yang sama tahun lalu yang mencapai Rp 5,7 triliun.

Baca Juga: Tingkat okupansi perkantoran CTRA masih di atas 75% pada semester I-2020

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Hariyanto Wijaya dan Emma A. Fauni menilai, torehan laba bersih UNTR pada kuartal kedua 2020, yang mencapai Rp 2,2 triliun, masih memenuhi ekspektasi, mencerminkan 52,9% dari perkiraan dan 50,7% dari konsensus hingga akhir tahun.

Menurut Hariyanto dan Emma, ada tiga pendorong utama kinerja UNTR di kuartal kedua ini. Pertama, ada kontribusi pendapatan yang lebih tinggi dari bisnis penambangan emasnya. 

Meskipun pendapatan dari penambangan emas di kuartal kedua hanya tumbuh 6,8% secara kuartalan, laba bisnis pertambangan emas sebelum pajak penghasilan melonjak 67% secara kuartalan menjadi Rp1,0 triliun, sebagian besar didorong oleh kenaikan harga emas meskipun volume penjualan emas turun sebesar 4,3% secara kuartalan.

Sekitar 70% dari volume penjualan emas UNTR telah dilindung nilai (hedging). Oleh karena itu, UNTR akan menikmati reli harga emas dari sebagian emas yang dijual tanpa hedging, yakni 30% dari volume penjualan.

Baca Juga: Kinerja tertekan di semester I, simak rekomendasi saham Barito Pacific (BRPT) berikut

Kedua, beban pajak penghasilan UNTR juga menurun secara signifikan pada kuartal kedua 2020.  

“Ketiga, adanya keuntungan nilai tukar mata uang asing di kuartal kedua 2020 yang sebagian mengimbangi kerugian kurs yang cukup besar di kuartal pertama,” tulis Hariyanto dan Emma dalam riset, Kamis (30/7).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×