kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mendekati Pemilu, Anugerah Spareparts Sejahtera (AEGS) Revisi Target Kinerja


Selasa, 31 Oktober 2023 / 15:42 WIB
Mendekati Pemilu, Anugerah Spareparts Sejahtera (AEGS) Revisi Target Kinerja
ILUSTRASI. Fasilitas produksi suku cadang PT Anugerah Spareparts Sejahtera Tbk (AEGS).


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Anugerah Spareparts Sejahtera Tbk (AEGS) menilai, menjelang pemilihan umum (Pemilu) presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 banyak konsumen yang relatif mengamankan dana tunai ketimbang menjaga ketersediaan stok produk yang ditawarkan perseroan.

Direktur Utama AEGS Oey Johan Sinatra Sumawi mengatakan, sebagai pemilik merek filter kendaraan bermotor, manajemen memperkirakan bahwa tingkat penjualan di Kuartal IV 2023 akan mengalami perlambatan. Hal tersebut seiring dengan menghangatnya atmosfer persaingan di tahun politik.

Secara historis, kata Johan, penjualan filter kendaraan bermotor menjelang tahun politik selalu mengalami penurunan lantaran sebagian besar konsumen pihak ketiga lebih memilih untuk menunda pembelian.

Sehingga, kondisi ini akan menekan penjualan produk AEGS hingga berakhirnya momentum pemilu.

Baca Juga: Dharma Satya Nusantara (DSNG) Raup Pendapatan Rp 6,6 Triliun Per Kuartal III 2023

"Setelah melakukan kalkulasi terkait potensi penjualan di sepanjang tahun ini, kami memutuskan untuk mengoreksi target penjualan tahun buku 2023 menjadi sekitar Rp 20 miliar. Sehingga, laba bersih AEGS pada tahun ini juga diperkirakan lebih rendah dibanding setahun sebelumnya," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (31/10).

Sebelumnya, AEGS memproyeksikan penjualan di sepanjang tahun ini bisa mencapai Rp 33 miliar atau mengalami kenaikan sebesar 19,48% dibandingkan tahun 2022 sebesar Rp 27,62 miliar.

"Proyeksi penjualan di tahun 2023 bahkan lebih rendah dibanding capaian di sepanjang tahun lalu," ucapnya.

Dengan adanya koreksi proyeksi penjualan, maka target laba bersih di sepanjang tahun ini juga tidak akan tercapai. Pada awal tahun ini AEGS sempat mematok target laba bersih tahun ini sebesar Rp 1,37 miliar, dengan marjin laba bersih sebesar 4,2%.

Namun demikian, Johan berharap penjualan AEGS akan kembali normal dan melanjutkan pertumbuhan usai pelaksanaan pemilu tahun depan, seiring dengan adanya potensi peningkatan pemesanan dari pihak ketiga dalam upaya menjaga ketersediaan stok filter kendaraan bermotor.

Baca Juga: Meski Penjualan Naik, Rugi Sarimelati Kencana (PZZA) Membengkak pada Kuartal III

Sejauh ini AEGS memproduksi dan memasarkan filter oli dan filter bahan bakar untuk mobil. Perseroan juga menjual dua jenis filter lain, yakni filter yang merupakan penyaring air intake di ruang mesin, serta filter kabin atau filter AC mobil.

Saat ini Perseroan memiliki titik distribusi eksisting yang ditangani oleh 1.100 distributor dan reseller.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×