kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 -0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mencermati Kinerja Emiten Konglomerasi Sepanjang 2023 dan Rekomendasi Analis


Selasa, 02 April 2024 / 05:55 WIB
Mencermati Kinerja Emiten Konglomerasi Sepanjang 2023 dan Rekomendasi Analis
Mencermati Kinerja Emiten Konglomerasi Sepanjang 2023 dan Rekomendasi Analis


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten yang terafiliasi dengan grup bisnis besar atau konglomerat ternama di Indonesia mencetak kinerja bervariasi sepanjang tahun 2023. Emiten konglomerasi yang bertumpu pada bisnis komoditas, terutama pertambangan mendapat tekanan paling berat.

Ambil contoh PT Bayan Resources Tbk (BYAN) milik salah satu taipan terkaya, Low Tuck Kwong yang mengalami penurunan top line dan bottom line. Pendapatan BYAN tahun 2023 merosot 23,83% secara tahunan (Year on Year/YoY) menjadi US$ 3,58 miliar, dan laba bersih turun 43,31% (YoY) menjadi US$ 1,23 miliar.

Nasib serupa dialami oleh emiten batubara dari Grup Salim dan Grup Bakrie, PT Bumi Resources Tbk (BUMI). Pendapatan BUMI hanya terpangkas 8,19% (YoY) menjadi US$ 1,67 miliar. Sedangkan laba bersihnya ambles 97,92% (YoY) menjadi US$ 10,92 juta.

Baca Juga: Harga Pangan Berdampak ke Emiten Makanan, Simak Rekomendasi Analis

Top line dan bottom line PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) yang dimiliki oleh taipan Garibaldi "Boy" Thohir dan Theodore Permadi "TP" Rachmat juga kompak merosot. Pendapatan ADRO menurun 19,62% (YoY) menjadi US$ 6,51 miliar, dan laba bersihnya terpangkas 34,13% (YoY) menjadi US$ 1,64 miliar.

Penurunan kinerja pada tahun lalu sejalan dengan tren harga komoditas batubara yang melandai. Meski laba turun cukup dalam, tetapi jika dikonversi ke dalam kurs rupiah, keuntungan para emiten batubara tersebut sejatinya masih jumbo.

Di tengah tekanan pada bisnis berbasis komoditas, sejumlah grup konglomerasi mampu bertumpu pada bidang usaha lain yang lebih terdiversifikasi. Seperti pada Grup Salim yang mendulang cuan dari lonjakan laba bersih emiten barang konsumsi (consumer) PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP).

Begitu pula Grup Astra, dimana laba bersih emiten induknya, PT Astra International Tbk (ASII) mampu tumbuh 16,89% (YoY) menjadi Rp 33,83 triliun. Performa Grup Djarum juga masih prima, yang ditopang oleh PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dengan lonjakan laba bersih 19,4% (YoY) menjadi Rp 48,63 triliun.

 

Baca Juga: Lonjakan Harga Komoditas Positif pada Emiten Pelayaran, Cek Rekomendasi Analis

Emiten milik salah satu taipan terkaya di Indonesia, Prajogo Pangestu mencetak kinerja yang beragam. Laba bersih induk Grup Barito, PT Barito Pacific Tbk (BRPT) meroket 1.392% (YoY) menjadi US$ 26,11 juta. Anak usahanya, PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) mengalami kenaikan laba bersih 17,87% (YoY) menjadi US$ 107,41 juta.

Sedangkan PT Chandra Asri Pacific Tbk (TPIA) memangkas kerugian 77,54% (YoY) menjadi US$ 33,57 juta. Kemudian emiten Prajogo Pangestu lainnya, PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) mengalami penurunan laba bersih 58,25% (YoY) menjadi Rp 238,32 miliar.

Head of Equity Research Kiwoom Sekuritas Indonesia, Sukarno Alatas mengamati kinerja emiten grup konglomerasi tak bisa dilepaskan dari rotasi sektor pada tahun tersebut. Sesuai ekspektasi, mayoritas emiten yang berhubungan dengan bisnis pertambangan mengalami penurunan kinerja.

Berbeda dari tahun 2022 dimana kinerja emiten konglomerasi terpoles oleh bisnis komoditas, terutama batubara. Dus, emiten konglomerasi dengan bisnis terdiversifikasi memiliki prospek kinerja yang lebih terjaga.

Baca Juga: Bukukan Kinerja Bervariasi, Simak Rekomendasi Saham Emiten Konglomerasi

Investment Consultant Reliance Sekuritas Indonesia, Reza Priyambada punya pandangan serupa. Meski banyak yang mengalami penurunan kinerja, tapi secara umum Reza memandang kinerja para emiten konglomerasi tahun 2023 cenderung terjaga dan sesuai ekspektasi.

Pada tahun 2024, Reza melihat emiten konglomerasi punya peluang untuk memperbaiki kinerja. Apalagi jika katalis dan sentimen lebih kondusif, seperti kepastian penurunan suku bunga acuan, tensi geopolitik yang mereda, tidak adanya kelangkaan pasokan bahan pangan dan inflasi yang tetap terjaga.

"(Kinerja emiten konglomerasi) itu tergantung dari masanya di tahun tersebut.  Jika diasumsikan sentimen-sentimen ini bisa positif, maka akan berimbas positif juga bagi industri dan pergerakan harga sahamnya," kata Reza kepada Kontan.co.id, Senin (1/4).




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×