kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Memulai Pendanaan P2P Lending di 2023 ? Simak Kelebihan dan Kekurangannya


Senin, 09 Januari 2023 / 09:00 WIB
Memulai Pendanaan P2P Lending di 2023 ? Simak Kelebihan dan Kekurangannya


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Memasuki tahun baru 2023 tentunya kita juga memiliki harapan baru agar semua berjalan lebih baik di tahun ini. Salah satu harapan adalah untuk mendapatkan kondisi finansial yang lebih baik.

Untuk mencapainya, kita bisa memulai berinvestasi atau mengembangkan dana di berbagai instrumen, salah satunya Peer-to-Peer (P2P) Lending.

P2P Lending mulai berkembang di Indonesia sejak tahun 2016 dan menjadi alternatif sumber pembiayaan / pinjaman bagi banyak usaha maupun masyarakat.

P2P Lending juga menjadi salah satu alternatif investasi yang menarik bagi masyarakat Indonesia, namun umumnya investasi di P2P Lending disebut Pendanaan atau pemberian pinjaman.

Jika ingin memulai pendanaan P2P Lending di 2023 maka perlu simak kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Tetapi jika kamu sudah tahu kelebihan dan kekurangannya, dapat langsung mendaftar sebagai Lender di P2P Lending Akseleran dengan kode promo KONTAN2023 untuk mendapatkan dana awal Rp. 100,000.

Kelebihan P2P Lending

Mudah Dipahami

Konsep pendanaan P2P Lending cukup mudah dipahami, yaitu menggunakan konsep pinjam-meminjam. Pendana (Lender) memberikan pinjaman / pendanaan kepada peminjam (Borrower) yang diinginkan lalu akan mendapatkan keuntungan berupa bunga.

Ini adalah alasan utama untuk memulai P2P Lending di 2023, karena kita sebaiknya berinvestasi atau mengembangkan dana di instrumen yang benar-benar kita pahami.

Bunga Menarik

Tingkat bunga yang didapatkan dari hasil pendanaan / pemberian pinjaman cukup menarik yaitu rata-rata berkisar antara 10% s.d. 15% per tahunnya. Tentunya ini sangat bersaing dengan instrumen investasi lainnya.

Mudah Untuk Dimulai

Untuk memulai mendanai di P2P Lending sangat mudah. Pengguna cukup mendaftar melalui aplikasi atau website penyelenggara P2P Lending, melakukan verifikasi data, lalu sudah bisa mendanai.

Dana awal yang dibutuhkan untuk mendanai juga cukup rendah, rata-rata cukup dengan hanya Rp. 100 ribu saja.

Ada Proteksi Asuransi

Rata-rata penyelenggara P2P Lending juga sudah menyediakan fitur proteksi asuransi yang melindungi nilai pendanaan Lender. Apabila peminjam gagal membayar kembali pinjamannya, maka asuransi akan membayarkan nilai pokok pinjaman yang tertunggak kepada Lender.

Perlu diperhatikan bahwa nilai coverage asuransi di setiap penyelenggara P2P Lending bisa berbeda. Salah satu P2P Lending yang memiliki coverage proteksi asuransi tertinggi adalah Akseleran, yang melindungi 99% pokok pinjaman tertunggak.

Kekurangan P2P Lending

Risiko Gagal Bayar

Pendanaan P2P Lending memiliki risiko gagal bayar, yaitu kondisi di mana peminjam yang meminjam dana dari Lender tidak bisa mengembalikan pinjaman, baik itu sebagian maupun seluruhnya.

Ini adalah risiko yang perlu dipahami dan diterima oleh semua Lender yang mendanai di P2P Lending. Salah satu bentuk mitigasi risiko adalah dengan melakukan diversifikasi (menyebar pendanaan ke banyak peluang pendanaan) dan juga menggunakan P2P Lending yang ada proteksi asuransi.

Tidak Bisa Ditarik Sewaktu-Waktu

Dana yang sedang dipinjamkan kepada peminjam (Borrower) tidak bisa ditarik sewaktu-waktu. Dana tersebut baru dapat ditarik ketika peminjam sudah membayar sebagian atau keseluruhan pokok pinjaman dan sudah masuk ke saldo / dompet / wallet di akun masing-masing Lender.

Pilihlah pendanaan dengan tenor pinjaman yang sesuai dengan kebutuhanmu. Apabila kamu membutuhkan dana lumayan cepat, kamu bisa mendanai pinjaman yang tenornya pendek (1-6 bulan).

Akan tetapi jika kamu tidak ada kebutuhan urgent, bisa mendanai pinjaman yang tenornya lebih panjang (7-12 bulan). Biasanya pinjaman tenor panjang memiliki kelebihan dari sisi pembayaran pokok pinjaman yang dicicil juga setiap bulannya (kalau tenor pendek, keseluruhan pokok pinjaman biasanya dibayar di akhir tenor pinjaman).

Mulai Pendanaan P2P Lending di Akseleran

Ada beberapa alasan mengapa Akseleran merupakan salah satu P2P Lending terbaik. Platform P2P Lending Akseleran menyediakan akses pendaftaran dan transaksi yang mudah melalui website maupun aplikasi mobile (Android dan iOS).

Calon pendana tinggal mendaftarkan diri di Akseleran sebagai pendana (Lender), melengkapi data, dan bisa mulai mendanai dari Rp. 100,000 saja setelah semua data telah terverifikasi.

Pendana akan mendapatkan bunga 10% s.d. 10.5% per tahun yang akan dibayarkan bulanan dan juga mendapatkan perlindungan pendanaan dengan adanya proteksi asuransi yang melindungi 99% pokok pinjaman yang tertunggak.

Mitigasi risiko yang baik terlihat dari tingkat NPL yang hanya di level 0.41% dari total outstanding pinjaman per akhir Desember 2022, salah satu yang paling rendah di industri P2P Lending Indonesia.

Untuk mencoba pendanaan pertama kali di Akseleran, silahkan gunakan Kode Promo KONTAN2023 saat mendaftar, untuk mendapatkan dana promo sebesar Rp. 100,000. Daftar melalui website www.akseleran.co.id atau melalui aplikasi Android / iOS.

Jika ada kesulitan, tim Akseleran siap membantu di email cs@akseleran.co.id atau di nomor telepon (021) 5091-6006.

Sudah tahu kelebihan dan kekurangan mendanai P2P Lending kan?

Yuk kita mulai pendanaan P2P Lending di  2023 bersama Akseleran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×