kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,73   8,09   0.86%
  • EMAS1.029.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Memasuki Hari Kelima Penawaran SBR012, Tenor Dua Tahun Jadi Favorit Investor


Senin, 23 Januari 2023 / 18:09 WIB
Memasuki Hari Kelima Penawaran SBR012, Tenor Dua Tahun Jadi Favorit Investor
ILUSTRASI. Animo investor pada masa awal penawaran sangat tinggi, terutama untuk SBR012 tenor dua tahun.


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penawaran Surat Utang Negara (SUN) retail, yakni Savings Bond Retail (SBR) seri SBR012 memasuki hari kelima. Mitra distribusi mengungkapkan minat investor serta daya tarik SBR yang ditawarkan dengan dua pilihan tenor ini.

Head of Investment Business Bank Commonwealth Daniel Arifin mengatakan, animo investor pada masa awal penawaran sangat tinggi, terutama untuk SBR012 tenor dua tahun. Pasalnya, nasabah juga mempertimbangkan minimum holding period SBR.

SBR012 dengan tenor dua tahun (SBR012-T2) hanya memiliki minimum holding period satu tahun. Ini lebih pendek dibandingkan dengan SBR012 tenor empat tahun (SBR012-T4) yang memiliki minimum holding period selama dua tahun.

"Hal ini memberikan kenyamanan tersendiri bagi nasabah dalam berinvestasi di SBR012," kata Daniel saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (23/1).

Baca Juga: Memasuki Hari Keempat Penawaran SBR012, Minat Investor Cukup Tinggi

Di samping itu, tingkat imbal hasil SBR012 juga lebih tinggi dari SBR seri sebelumnya dan dari rata-rata bunga deposito bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN). SBR012-T2 memiliki tingkat kupon floating with floor 6,15% per tahun, sementara SBR012-T4 sebesar 6,35% per tahun.

Dengan tingkat imbalan yang sangat menarik, Bank Commonwealth optimistis penjualan SBR012 dapat melebihi seri-seri SBR sebelumnya. "Kami mencanangkan target penjualan SBR012 50% lebih tinggi dibandingkan target SBR seri sebelumnya," ucap Daniel.

Menurutnya, SBR dengan tipe kupon floating with floor sangat cocok sebagai alternatif investasi di tengah tren kenaikan suku bunga. Pasalnya, tingkat imbalan yang diterima oleh investor akan meningkat apabila ada kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI).

Baca Juga: Suku Bunga BI Naik, Dana Asing di Pasar SBN Bertambah

Keunggulan SBR012 yang lain adalah terdapat fasilitas early redemption. Hal ini memungkinkan investor untuk mencairkan sebagian kepemilikan SBR012 sebelum jatuh tempo, tanpa biaya dan tidak ada risiko pergerakan harga.
 
Untuk semakin menarik minat investor, Bank Commonwealth menawarkan cashback hingga Rp 30 juta bagi nasabah yang membeli SBR012 melalui aplikasi wealth management CommBank SmartWealth. Lewa aplikasi ini, nasabah dapat bertransaksi di mana saja dengan praktis dan nyaman untuk produk reksa dana serta obligasi pemerintah.

Selanjutnya: Kerja Sama LCT dengan Korsel dan India Bisa Bantu Topang Rupiah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Complete Three Statement Modeling Financial Statement Analysis

[X]
×