kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Melonjak 132%, Aneka Tambang (ANTM) Catat Laba Rp 1,47 Triliun di Kuartal I-2022


Minggu, 22 Mei 2022 / 10:26 WIB
Melonjak 132%, Aneka Tambang (ANTM) Catat Laba Rp 1,47 Triliun di Kuartal I-2022
ILUSTRASI. Penjualan emas Antam jadi kontributor utama kenaikan pendapatan Aneka Tambang (ANTM) di kuartal I-2022


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) mencetak kinerja solid sepanjang kuartal I-2022. Emiten tambang logam ini membukukan laba bersih senilai Rp 1,47 triliun di sepanjang tiga bulan pertama 2022.

Asal tahu saja, realisasi tersebut melesat 132% dari laba bersih yang ditorehkan pada periode yang sama tahun lalu, yang hanya Rp 630,38 miliar.

Dus, laba bersih per saham dasar dan dilusian ANTM naik menjadi Rp 60,98 dari sebelumnya Rp 26,23.

Kenaikan bottomline ini tidak terlepas dari kenaikan kinerja penjualan bersih. Pada kuartal pertama 2022, ANTM membukukan pendapatan bersih senilai Rp 9,75 triliun atau naik 6% dibandingkan pada kuartal I-2021 yang sebesar Rp 9,21 triliun.

Baca Juga: Aneka Tambang (ANTM) Gelar RUPS Bulan Depan, Ada Agenda Pembagian Dividen

Sekretaris Perusahaan Aneka Tambang Syarif Faisal Alkadrie menjelaskan, penjualan bersih domestik menopang pendapatan ANTM. Sepanjang tiga bulan pertama tahun ini, ANTM membukukan penjualan bersih domestik senilai Rp 7,42 triliun atau 76% dari total penjualan bersih ANTM pada periode tersebut.

Berdasarkan segmentasi komoditas, penjualan  emas menjadi kontributor utama yakni sebesar Rp 5,88 triliun atau 60% terhadap pendapatan bersih ANTM. Disusul penjualan feronikel senilai Rp 1,86 triliun atau setara 19%, bijih nikel senilai Rp 1,62 triliun atau setara 17%, dan alumina senilai Rp 299,40 miliar atau 3% dari total pendapatan bersih ANTM.

 

“Pada tahun 2022, ANTM berfokus pada strategi untuk mengembangkan basis pelanggan di dalam negeri, terutama pemasaran produk emas, bijih nikel dan bauksit, seiring dengan pertumbuhan tingkat penyerapan pasar dalam negeri,” pungkas Syarif, Jumat (20/5).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×