Reporter: Adisti Dini Indreswari | Editor: Edy Can
JAKARTA. Kawasan timur Indonesia terus menjadi sasaran ekspansi bagi peritel PT Matahari Putra Prima Tbk. Pekan ini, Matahari meresmikan dua gerai hipermarket Hypermart di dua kota di Indonesia timur, yaitu Kupang, Nusa Tenggara Timur dan Palopo, Sulawesi Selatan.
Sebelumnya, gerai Hypermart sudah hadir di empat kota di Indonesia timur, yaitu Kendari (Sulawesi Tenggara), Jayapura (Papua), Ambon, serta Gorontalo. Itu artinya, sampai saat ini, Matahari sudah memiliki enam gerai di Indonesia timur.
Adapun gerai di Kupang dan Palopo menjadi gerai Hypermart yang ke-79 dan ke-80. Sebelum tutup tahun, akan ada pembukaan satu gerai lagi di Cibubur yang akan menggenapi jumlah gerai Hypermart menjadi 81 gerai. "Total ada 17 gerai yang baru dibuka sepanjang tahun ini," ujar Fernando Repi, Manajer Komunikasi Perusahaan Matahari belum lama ini.
Peritel berkode saham MPPA ini berambisi menambah 80 gerai Hypermart lagi dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Sayang, Fernando tidak bersedia memberi tahu rencana rinci penambahan gerai tahun depan, lantaran masih digodok. "Yang pasti harus lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya," ungkap Fernando.
Fernando mengaku, ke depan, Matahari masih akan tetap memprioritaskan Indonesia timur dan kota kedua untuk ekspansi penambahan gerai Hypermart. "Papua dan Ambon masih bisa ditambah gerai lagi. Kota kedua di Kalimantan dan Sulawesi juga menjadi target ekspansi kami ke depan," ujar Fernando.
Sedangkan untuk wilayah Jakarta, menurutnya, sudah terlalu penuh. Makanya, Matahari lebih memilih pinggiran Jakarta atau kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur jika ingin menambah gerai Hypermart di wilayah Jawa.
Sementara itu, untuk dua ritel lain yang dimiliki Matahari, yaitu Foodmart (supermarket) dan specialty store kecantikan dan kesehatan Boston, perusahaan tidak terlalu agresif berekspansi. Saat ini, perusahaan tercatat baru memiliki 28 gerai Foodmart dan 67 gerai Boston.
Foodmart hanya mendapat tambahan dua gerai baru tahun ini, sedangkan Boston tujuh gerai baru. Fernando masih merahasiakan rencana ekspansi Foodmart dan Boston di tahun 2013.
Sebagai catatan, sembilan bulan di tahun ini, Matahari meraih kinerja positif. Hingga akhir kuartal III-2012, Matahari meraup penjualan sebesar Rp 7,97 triliun, naik 22,05% dibanding periode yang sama tahun lalu. Lebih dari 90% di antaranya berasal dari penjualan Hypermart.
Berkat strategi yang ekspansif tahun ini, manajemen Matahari yakin, target penjualan sebesar Rp 11,2 triliun hingga akhir tahun ini bakal tercapai.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News