kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Matahari Departemen Store akan tambah 10-12 gerai tahun ini


Senin, 09 Januari 2012 / 20:09 WIB
Matahari Departemen Store akan tambah 10-12 gerai tahun ini
ILUSTRASI. Pilihan harga mobil bekas dari Rp 50 jutaan, dapat Daihatsu Xenia tahun segini


Reporter: Adisti Dini Indreswari | Editor: Edy Can


JAKARTA. PT Matahari Departement Store Tbk (LPPF) berencana membuka 10 hingga 12 gerai tahun 2012 ini. Peritel ini akan fokus memperbanyak gerai di Indonesia Timur.

Sekretaris Perusahaan Matahari Miranti Hadisusilo mengungkapkan, gerai-gerai itu akan dibangun di kota yang selama ini belum pernah dijajaki seperti Gorontalo, Ambon dan Jayapura. "Indonesia timur masih sangat prospektif," ujar Miranti kepada KONTAN, Senin (9/1).

Pembukaan gerai yang terdekat adalah di Gorontalo, akhir bulan ini. Selain itu, Matahari juga mengincar Jawa, Sumatera, Depok, Tangerang, Padang, dan Aceh.

Berapa nilai investasi yang digelontorkan Matahari, Miranti belum bisa memastikan. Pasalnya, nilai investasinya sangat tergantung luas gerai yang akan dibangun.

Namun, dia mengatakan, biaya investasi rata-rata gerai sebesar Rp 40 miliar. Menurutnya, dana investasi ini akan diambil dari kas internal.

Catatan saja, hingga akhir 2011 lalu, Mataharo sudah mempunyai 103 gerai. Perusahaan yang baru lepas dari induk usahanya, PT Matahari Putra Prima Tbk dan melakukan merger dengan PT Meadow Indonesia ini mendirikan 10 gerai baru sepanjang 2011 lalu.

Target penjualan naik 15%

Miranti belum bersedia menyampaikan target penjualan tahun ini maupun realisasi tahun lalu. Yang jelas, tahun lalu Matahari menargetkan penjualan tumbuh 15% dari setahun sebelumnya menjadi Rp 9 triliun.

Miranti optimistis akan pertumbuhan penjualan Matahari yang membidik segmen masyarakat kelas menengah. Sebab menurutnya, saat ini banyak masyarakat yang naik level sehingga segmen pasarnya semakin luas.

Menurut Miranti, puncak penjualan paling tinggi selama setahun biasa terjadi pada saat puasa dan Lebaran. "Kontribusinya pada penjualan setahun antara 20%-30%," imbuhnya. Selain itu, penjualan juga terlihat melonjak pada saat libur sekolah, Natal dan tahun baru, serta Imlek.

Karena itu, pada momen-momen tersebut, Matahari selalu menggelar promo berupa diskon. Contohnya, pada akhir tahun lalu, Matahari memberi diskon hingga 50%. Selain itu Matahari juga bekerjasama dengan Bank CIMB Niaga untuk promo cashback dan BNI untuk promo voucher setiap nominal pembelian tertentu. "Pengaruh diskon sangat besar, karena orang yang tadinya tidak niat belanja jadi tertarik," ujar Miranti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×