kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Marketing Sales Metropolitan Land (MTLA) Masih Tumbuh, Simak Rekomendasi Sahamnya


Rabu, 26 Oktober 2022 / 07:30 WIB
Marketing Sales Metropolitan Land (MTLA) Masih Tumbuh, Simak Rekomendasi Sahamnya


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) atau Metland mengantongi pendapatan pra-penjualan alias marketing sales senilai Rp 1,36 triliun hingga bulan September 2022. Realisasi ini tumbuh sekitar 5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Direktur Metropolitan Land Olivia Surodjo membeberkan, nilai marketing sales per kuartal III-2022 itu terdiri dari pre-sales proyek residensial dan recurring revenue dari segmen komersial mall dan hotel. Segmen residensial memberikan kontribusi sebesar 70%, sedangkan komersial menyumbang 30% terhadap marketing sales MTLA hingga kuartal III-2022. 

"Kontribusi besar didapatkan dari penjualan proyek Metland Menteng & Wisteria, Metland Puri & The Riviera at Puri serta Metland Cileungsi," terang Olivia kepada Kontan.co.id, Selasa (25/10).

Penjualan residensial terdorong oleh program promosi yang dilakukan Metland seperti kemudahan cara bayar yang dimanfaatkan oleh calon konsumen. Kemudian, pertumbuhan kinerja MTLA juga ditopang oleh segmen komersial yang mengalami pemulihan seiring terkendalinya pandemi covid-19.

Baca Juga: Beberapa Saham LQ45 Capai All Time High, Ada Potensi Saham Bagger?

Sedangkan jika dibandingkan dengan target yang dicanangkan tahun ini, Olivia menyebut realisasi marketing sales hingga kuartal III masih on track dari target. Capaian dalam periode sembilan bulan itu setara 75,55% dari target marketing sales Rp 1,8 triliun.

Agar bisa mencapai target tersebut, MTLA menjalankan sejumlah strategi. Antara lain mengembangkan produk-produk bangunan yang lebih compact supaya lebih bisa diserap pasar.

Seperti yang dibangun pada Cluster Lisse Metland Cibitung dengan luasan mulai LB 30/LT 60 m2 dan tipe The Emerald di Metland Tambun dengan luasan mulai LB 35/LT 72 m2. Metland juga mengusung konsep mezzanine yang nantinya bisa dijadikan ruangan-ruangan tambahan seperti di Metland Transyogi.

Olivia pun optimistis target marketing sales hingga tutup tahun bisa tercapai.

"MTLA melihat sampai dengan akhir tahun masih cukup oke walaupun ada banyak challenges yang dihadapi," imbuhnya.

Dari sisi belanja modal alias capital expenditure (capex), MTLA sudah merealisasikan dana sebesar Rp 306 miliar hingga September 2022. Jumlah itu setara dengan 47,07% dari anggaran Rp 650 miliar yang disiapkan MTLA pada tahun ini.

"Penggunaan capex sebagian besar adalah untuk pembangunan instruktur proyek berjalan, akuisisi lahan dan pembelian aset," tandas Olivia.

Baca Juga: Usai Teken Kontrak Dagang, Begini Prospek MRAT Menurut Analis

Rekomendasi Saham

Analis Henan Putihrai Sekuritas Jono Syafei melihat MTLA cukup prospektif menangkap peluang dari permintaan hunian dan kawasan di pinggiran Jakarta seperti Bekasi dan Tangerang. Sedangkan untuk pergerakan sahamnya, Jono menilai MTLA masih cenderung downtrend

"Tetapi sudah mulai berbalik arah," kata Jono kepada Kontan.co.id, Selasa (25/10).

Pada perdagangan hari ini, harga saham MTLA tidak bergerak dari posisi Rp 338. Saran Jono, pelaku pasar bisa mempertimbangkan untuk speculative buy mencermati support Rp 326 - Rp 320 dan resistance pada Rp 358 - Rp 360.

Technical Analyst Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova memperkirakan saham MTLA berpotensi konsolidasi jika bertahan di atas level support Rp 320. Pelaku pasar dinilai perlu mempertimbangkan faktor likuiditas transaksi di pasar.

Ivan pun turut merekomendasikan speculative buy saham MTLA dengan memperhatikan support Rp 320 dan resistance pada area Rp 350.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×