kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45940,43   -23,30   -2.42%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MARKET GLOBAL: Pasar AS, Eropa, sampai China senang perang dagang mereda


Selasa, 28 Agustus 2018 / 06:40 WIB
MARKET GLOBAL: Pasar AS, Eropa, sampai China senang perang dagang mereda
ILUSTRASI. Pendukung tim sepakbola Meksiko


Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Indeks pasar saham di Wall Street naik ke level tertinggi dalam lebih dari lima bulan pada Senin (27/8) setelah Amerika Serikat dan Meksiko mencapai kesepakatan yang menurunkan ketegangan perdagangan.

Indeks saham MSCI di 47 negara di seluruh dunia naik 0,98%, dibantu oleh kenaikan di pasar negara maju dari Amerika Serikat ke Eropa dan Asia. Indeks secara luas berada pada level tertinggi sejak Maret.

Patokan S&P 500 dan Nasdaq mencapai rekor, harga obligasi turun, dan harga tembaga naik. Amerika Serikat dan Meksiko setuju merombak Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA), menekan Kanada untuk menyetujui ketentuan baru perdagangan mobil dan masalah lain untuk tetap menjadi bagian pakta tiga negara itu. Kesepakatan dapat mengurangi kekhawatiran tentang eskalasi ketegangan perdagangan global.

Mata uang utama menguat terhadap dolar AS, yang telah menjadi safe haven dari ketegangan perdagangan selama berbulan-bulan.

"Perundingan (NAFTA) menambah rasa bahwa sementara AS masih macet dalam konflik perdagangan dengan China, mungkin lebih bersedia berkompromi di tempat lain seperti dengan Meksiko dan Uni Eropa," kata Ulrich Leuchtmann, kepala FX dan riset pasar yang sedang berkembang di Commerzbank di Frankfurt.

"Ini mengurangi risiko perang dagang global."

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 259,29 poin (1,01%) menjadi 26.049,64. S&P 500 naik 22,05 poin (0,77%) menjadi 2.896,74 dan Nasdaq Composite bertambah 71,92 poin (0,91%) menjadi 8.017,90.

Indeks S&P dan Nasdaq mencapai rekor tertinggi, melanjutkan reli usai pidato kepala Fed Jerome Powell di simposium Jackson Hole, Jumat. Powell menegaskan bahwa bank sentral AS tetap dengan strategi kenaikan suku bunga bertahap. 

Survei sentimen bisnis Jerman yang lebih kuat dari perkiraan menambah suasana optimis di Eropa. Indeks FTSEurofirst 300 pan-Eropa naik 0,52%, sementara pasar Inggris ditutup untuk liburan publik.

"Kita mencatatkan volume rendah hari ini, tetapi risiko terbesar pasar adalah diskon perang perdagangan, jadi setiap pengurangan risiko perang perdagangan seperti pembicaraan NAFTA atau bahkan Trump mencoba menemukan kesepakatan bilateral dengan semua orang, telah mendorong saham AS ke rekor baru dan akan mendukung pasar, "kata Angelo Meda, kepala ekuitas dan manajer portofolio di Banor SIM di Italia.

"Perekonomian global berada di jalurnya, ada risiko perang dagang, satu-satunya awan di cakrawala adalah Italia," tambah Meda, mengacu pada pembicaraan anggaran yang akan datang.

Benchmark 10-tahun catatan Treasury AS terakhir jatuh 6/32 harga untuk menghasilkan 2,8477 persen, dari 2,826 persen pada akhir Jumat.

Di pasar mata uang, dolar mundur setelah beberapa minggu keuntungan dalam menghadapi kenaikan suku bunga Fed yang agresif dan sengketa perdagangan. Indeks dolar jatuh 0,44 persen.

Nilai Yuan China mencapai tertinggi dalam kutun 4 minggu terhadap dolar setelah bank sentral menghidupkan kembali "faktor kontra-siklus" dalam pengaturan hariannya untuk mendukung mata uang, memberikan harapan bahwa Beijing mungkin menghentikan rekor penurunan 10-minggu yang mengguncang pasar global. .

Yuan diperdagangkan di luar negeri ke 6,7818 per dollar AS, terkuat sejak 31 Juli, tetapi kemudian turun lagi.

Pasar komoditas menunjukkan tanda-tanda optimisme prospek pertumbuhan ekonomi global. Tembaga, logam industri utama, naik 1,38%  menjadi US$ 6,069,00 per ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×