kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MAPI perkuat pasar Vietnam


Minggu, 02 April 2017 / 20:40 WIB
 MAPI perkuat pasar Vietnam


Reporter: Hasyim Ashari | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Setelah sukses membuka gerai Zara pertama di Vietnam, PT Mitra Adi Perkasa Tbk (MAPI) tahun ini mecoba peruntungan kembali dengan merencanakan menambah 3 - 4 gerai lagi di negara tersebut.

"Perusahaan mencatatkan rekor penjualan yang sangat baik saat membuka gerai Zara yang pertama di Ho Chi Minh, Vietnam. Maka dari itu MAPI akan menambah jumlah gerai yang akan dibuka di Vietnam," ujar Head of Corporate Communication MAPI, Fetty Kwartati kepada KONTAN, (1/4).

Lebih lanjut Fetty memaparkan secara keseluruhan di tahun ini MAPI akan menambah sekitar 200-an gerai baru, ini sudah termasuk pembukaan gerai di Vietnam. Untuk lokasinya, mayoritas gerai akan dibuka di daerah pulau Jawa. Angka penambahan gerai ini hampir sama dengan rencana penambahan di tahun kemarin.

Ada tiga kategori produk yang masuk radar ekspansi penambahan gerai yaitu pertama, penambahan gerai untuk sektor makanan dan minuman alias food and beverages. Kedua penambahan gerai di sektor fesyen dimana ada lima merek yaitu Zara, Stradivarius, Marks and Spencer, Pull & Bear serta Cotton on.

Ketiga menambah gerai untuk sektor sport denga merek Planet Sport, Sport Station dan ditambah dengan gerai Kid Station. "Penambahan gerai masuk dalam anggaran capek di tahun ini, yaitu sekitar Rp 700 miliar," ungkapnya.

Dalam laporan keuangan MAPI sepanjang tahun 2016 membukukan pendapatan senilai Rp 14,1 triliun naik 10,5% dibandingkan pendapatam di tahun sebelumnya Rp 12,8 triliun. Pendapatan MAPI terdiri dari penjualan eceran dan grosir sebanyak Rp 12,7 triliun.

kemudian dari pendapatan dari komisi penjualan konsinyasi dan pendapatan sewa senilai Rp 1,3 triliun dan pendapatan sewa dan jasa pemeliharaan sebesar Rp 104 miliar. Untuk laba usaha menigkat 70% menjadi Rp 888 miliar. Sementara laba bersih meningkat 205% menjadi Rp 208 miliar.

Menurut Fetty kinerja yang didapatkan perusahaan buah dari agenda transformasi menjadi perusahaan e commerce selama 2014 - 2016. Dengan ini perseroan menjadi perusahaan yang lebih kuat dan setabil untuk menghadapi tangtangan di masa depan.

"Pencapaian laba bersih, pengelolaan inventori, efisiensi oprasional usaha atau arus kas yang lebih sehat buah dari rangkaian agenda transformasi. Dan saat ini MAPI menjadi perusahaan yang lebih kuat," paparnya.

MAPI merupakan perusahaan ritel dan gaya hidup yang mengaoprasikan 1.910 gerai ritel di 69 kota di Indonesia hingga Februari 2017. Konsep gerai yang digunakan perseroan department stores, Fashion and Lifestyle, Sports, Food & Beverage and Kids.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×