kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Mandiri Sekuritas siap fasilitas perusahaan yang berminat tebitkan Formosa Bond


Kamis, 31 Januari 2019 / 16:33 WIB

Mandiri Sekuritas siap fasilitas perusahaan yang berminat tebitkan Formosa Bond


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mandiri Sekuritas berniat untuk memfasilitasi perusahaan di Tanah Air untuk menggunakan instrumen pendanaan non perbankan alternatif berupa obligasi formosa atawa Formosa Bond. Formosa Bond merupakan obligasi yang diterbitkan di Taiwan dan menggunakan mata uang selain dollar Taiwan.

CEO Mandiri Sekuritas Silvano Rumantir mengatakan, produk yang formatnya tidak berbeda dengan global bond ini bisa jadi pilihan karena dari segi harga cukup kompetitif dan proses penerbitannya tidak ada perbedaan yang signifikan. Formosa Bond dinilai bisa melengkapi instrumen pendanaan non perbankan yang selama ini sudah digunakan di Tanah Air.


“Belum pernah dilakukan oleh perusahaan dari Indonesia tetapi oleh negara-negara lain sudah sering dilakukan, bukan produk baru, bukan produk Mandiri Sekuritas karena kami tidak ada rencana listing di Taiwan, ini membuka investor baru dari Taiwan, kami memfasilitasi,” kata dia di sela-sela acara Mandiri Investment Forum (MIF) 2019 di Jakarta Rabu (30/1).

Lebih lanjut Silvano bilang bahwa pihaknya telah mendiskusikan Formosa Bond ke beberapa pihak, termasuk kliennya. Namun, hingga kini belum ada klien Mandiri Sekuritas yang berencana untuk menerbitkan instrumen pendanaan non perbankan alternatif ini. “Kami sudah mulai membicarakan Formosa Bond, beberapa diantaranya hanya mandat, kick off belum ada,” ungkap dia.

Menurut Silvano, Formosa Bond layak diambil untuk pelengkap atau diversifikasi instrumen pendanaan nonperbankan lantaran punya prospek yang cukup bagus. Untuk penerbitan perdana, Formosa Bond diperkirakan tidak akan terlalu besar di angka US$ 300 juta. “Lebih kecil dari global bond yang konvensional, jadi bagus juga untuk perusahaan swasta atau non-Badan Usaha Milik Negara (BUMN),” ujar dia.

Tidak ada persyaratan mengenai perusahaan sektor apakah yang diperbolehkan untuk menerbitkan Formosa Bond. Tetapi pastinya perusahaan tersebut dinilai layak dan mampu untuk membayar hutangnya di kemudian hari.

Oleh karena itu. Silvano bilang sosialisasi Formosa Bond kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Tanah Air harus tepat sasaran agar tidak ada kejadian gagal bayar. “Pendanaan ini selalu tersedia, tapi bukan berarti perusahaan tanpa keperluan pendanaan tertentu bisa menerbitkan begitu saja,” kata dia.


Reporter: Rezha Hadyan
Editor: Wahyu Rahmawati
Video Pilihan


Close [X]
×