kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Listing hari ini, saham Cemindo Gemilang (CMNT) terkerek 25%


Rabu, 08 September 2021 / 10:27 WIB
Listing hari ini, saham Cemindo Gemilang (CMNT) terkerek 25%
Pencatatan perdana saham PT Cemindo Gemilang Tbk.


Reporter: Kenia Intan | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) kedatangan emiten baru. Perusahaan yang bergerak di industri semen PT Cemindo Gemilang Tbk (CMNT) secara resmi mencatatkan saham perdana atau listing di bursa hari ini, Rabu (8/9). 

Saat perdagangan perdananya, saham CMNT terkerek hingga 170 poin atau 25% ke harga Rp 850 per saham. Dus, CMNT secara otomatis terkena auto rejection atas atau ARA. Berdasar ketentuan bursa, saham dengan rentang harga acuan Rp 200 hingga Rp 5.000 dapat bergerak naik maksimal 25%. 

Asal tahu saja, saham CMNT dipatok di harga Rp 680 per saham saat penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO). Adapun CMNT melepas 1,71 miliar saham ke publik atau 10,04% dari modal ditempatkan dan setor penuh setelah IPO. Oleh karenanya, perusahaan berhasil menghimpun dana segar kurang lebih Rp 1,16 triliun. 

Dalam melakukan aksi korporasi ini, CMNT menunjuk PT Ciptadana Sekuritas Asia dan PT Mandiri Sekuritas sebagai  penjamin pelaksana emisi efek dan PT UBS Sekuritas Indonesia sebagai penjamin emisi efek.

Baca Juga: Tercatat di papan akselerasi, Global Sukses Solusi (RUNS) resmi melantai di bursa

Direktur PT Ciptadana Sekuritas Asia Oskar H. Malikus mengungkapkan, pada masa penawaran umum yang digelar pada tanggal 2-6 September 2021, total pesanan yang masuk mencapai 1,56 kali dari jumlah saham ditawarkan. Dengan kata lain, terjadi oversubscribed sebesar 9,65 kali dari total penawaran porsi pooling

"Tingginya animo masyarakat terhadap penawaran umum Perseroan diperkirakan karena potensi pertumbuhan usaha yang tinggi di masa mendatang sebagai salah satu perusahaan yang bergerak pada sektor infrastruktur serta pemegang saham yang bonafide," jelasnya dalam keterbukaan informasi yang diterima Kontan.co.id, Rabu (8/9). 

Senada, Wakil Presiden Direktur PT Cemindo Gemilang Tbk Vince Erlington Indigo mengungkapkan keyakinannya terhadap prospek usaha industri semen di tahun-tahun mendatang seiring dengan pemulihan ekonomi global maupun ekonomi nasional. 

"Tingginya antusiasme masyarakat terhadap IPO perseroan juga menunjukkan kepercayaan dan harapan masyarakat yang tinggi terhadap pasar modal di Indonesia pada umumnya dan prospek usaha perseroan secara khusus," imbuhnya. 

Baca Juga: Saham Kedoya Adyaraya (RSGK) melejit 25% pada perdagangan perdananya

Sekadar informasi, seluruh dana yang diperoleh setelah dikurangi biaya penerbitan akan digunakan seluruhnya untuk mendanai modal kerja dan pembayaran sebagian utang bank sindikasi perseroan. Selain itu, dana yang terhimpun akan dimanfaatkan untuk pembayaran sebagian utang pembangunan pabrik terak ke dua di Bayah kepada Sinoma International Engineering Co Ltd dan PT Sinoma Engineering Indonesia. 

Adapun dana hasil IPO itu juga akan digunakan untuk mendanai belanja modal, berupa penambahan Premix Crusher di pabrik Bayah, Coal Fired Gas Generator di pabrik Ciwandan, serta Coal Fired Dryer di pabrik Medan dan Bengkulu. 

Selanjutnya: Perdana melantai di bursa, saham Surya Biru Murni (SBMA) mentok auto rejection atas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×