kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45995,71   -11,93   -1.18%
  • EMAS988.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Listing di BEI Senin (14/9), ini profil Morenzo Abadi Perkasa (ENZO)


Jumat, 11 September 2020 / 17:31 WIB
Listing di BEI Senin (14/9), ini profil Morenzo Abadi Perkasa (ENZO)
ILUSTRASI. Aktivitas pabrik pengolahan hasil perikanan kepiting rajungan dan makanan laut beku PT Morenzo Abadi Perkasa Tbk


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tujuh emiten baru mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jangan takut ketinggalan gegap gempita initial public offering (IPO), dua emiten akan mencatatkan saham pada Senin (14/9) dan Selasa (15/9).

PT Morenzo Abadi Perkasa Tbk segera melantai di BEI pada Senin (14/9) dengan kode saham ENZO. Perusahaan pengolahan dan eksportir hasil perikanan kepiting rajungan dan makanan laut beku yang berpusat di Demak, Jawa Tengah ini menjaring dana segar Rp 41,16 miliar.

Dana segar ini berasal dari penjualan 392 juta saham baru dengan harga penawaran Rp 105 per saham. Tak hanya menjual saham, Morenzo juga akan menerbitkan 196 juta waran atau sebanyak 13,11% dari jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh saat pernyataan pendaftaran IPO.

Berdasarkan prospektus IPO Morenzo Harga pelaksanaan waran adalah Rp 200 sehingga potensi dana yang bisa diraup adalah Rp 39,20 miliar. Setiap pemegang dua saham baru berhak memperoleh satu waran seri I. Waran ini memiliki jangka waktu pelaksanaan selama tiga tahun. NH Korindo Sekuritas Indonesia bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi IPO Morenzo. 

Baca Juga: Morenzo Abadi Perkasa akan meraup dana IPO hingga Rp 41,16 miliar

Morenzo akan menggunakan seluruh dana IPO setelah dikurangi biaya-biaya untu modal kerja antara lain untuk pembelian bahan baku, biaya gaji, dan bahan pembantu produksi. Dana yang diperoleh dari pelaksanaan waran seri I juga akan digunakan seluruhnya untuk modal kerja.

Bersamaan dengan penawaran umum perdana saham, Morenzo akan menerbitkan saham baru kepada NH Absolute Return Investment Strategies Fund dalam rangka pelaksanaan mandatory convertible bond alias obligasi wajib konversi. Total saham yang diterbitkan untuk konversi ini sebanyak 275,14 juta saham biasa atau sebesar 12,72% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO dan konversi obligasi.

Secara total, Morenzo menerbitkan 667,14 juta saham pada rangkaian IPO hingga konversi obligasi. Kepemilikan pemegang saham pengendali, PT Tritunggal Sukses Investama akan turun dari 99,14% sebelum IPO menjadi 68,56% setelah IPO dan konversi obligasi.

Baca Juga: Inilah 9 perusahaan akan IPO saham di Bursa Efek Indonesia sebelum akhir September

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×